Tranformasi Pendidikan Menjawab Tantangan Zaman

Tim iNews Purwokerto
.
Jum'at, 04 November 2022 | 17:05 WIB
Tegar Roli A., S.Kom.I., M.Sos

Oleh: Tegar Roli A., S.Kom.I., M.Sos 
Dosen Luar Biasa PPKn Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Transfomasi adalah sebuah keniscayaan bagi dunia pendidikan. Bahkan di berbagai sektor pun memerlukan transformasi. Mengingat arus perkembangan zaman yang begitu pesat, dengan kemajuan teknologinya yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Tranformasi memudahkan siapa saja untuk melakukan hal yang lebih mudah dan praktis dengan waktu yang sangat singkat. 

Mengingat arus perkembangan zaman yang begitu pesat, dengan kemajuan teknologinya yang semakin tinggi dari tahun ke tahun, Tranformasi Pendidikan memudahkan siapa saja untuk melakukan hal yang lebih mudah dan praktis.

Menurut Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikutip melalui kbbi.web.id kata transformasi adalah perubahan rupa (bentuk, sifat, fungsi, dan sebagainya). Sementara Transformasi Pendidikan bisa dijelaskan dengan perubahan-perubahan yang dilakukan, sebuah siklus, proses yang terus berjalan serta memastikan bahwa perubahan yang dibuat relevan dan efektif dalam meningkatkan kualitas hasil capaian siswa.

Baru-baru ini, Tranformasi Pendidikan terus digerakan dengan berbagai upaya oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar makarim. Salah satunya yankni dengan model gotong royong dan trobosan Merdeka Belajar. Tujuannya untuk menciptakan pendidikan berkualitas untuk semua dan transformasi menuju masa depan yang lebih baik, dan berkelanjutan. 

Jika dilihat dari tranformasi teknologi yang dilakukan Kemendikbudristek itu, cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh penekun Pendidikan. Sebut saja, sudah ada lebih dari 3.500 komunitas belajar guru dan 55 ribu konten belajar mandiri. Tidak hanya itu, lebih dari 1,6 juta guru telah menggunakan platfom Merdeka Mengajar secara sukarela yang lebih mandiri.  

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini