get app
inews
Aa
Read Next : Unsoed Berikan Gelar Profesor HC kepada Pius Lustrilanang 

5 Perguruan Tinggi Negeri dengan Biaya Kuliah Murah, Unsoed Purwokerto Urutan Berapa?

Senin, 07 November 2022 | 10:36 WIB
header img
Universitas di Purwokerto berikut ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi., salah satunya Universitas Jenderal Soedirman. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia dikenal memiliki biaya pendidikan murah. Ini bisa menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa baru dalam memilih kampus.

Biasanya, calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri terlebih dahulu akan mempertimbangkan jurusan dan universitas yang sesuai dengan minatnya. Selain itu, biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diterapkan perguruan tinggi bisa menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa baru.

Uang Kuliah Tunggal adalah jumlah besaran nilai yang harus dibayar mahasiswa untuk setiap semesternya. Kebijakan jumlah UKT pada setiap mahasiswa biasanya berbeda-beda, tergantung pada kemampuan ekonomi mahasiswa.

Lantas, mana saja perguruan tinggi negeri di Indonesia ada yang dikenal memiliki biaya pendidikan murah. Berikut deretan kampus negeri dengan biaya kuliah murah.

Perguruan Tinggi Negeri dengan Biaya Kuliah Murah

1. Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka (UT) adalah salah satu univeristas negeri termuda di Indonesia yang telah berdiri sejak 1984.

Peralihan UT menjadi Perguruan Tinggi Negeri telah disepakati oleh enam kementerian, diantaranya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Kementerian Sekretariat Negara, pada 6 April 2022.

Selain menjadi univeritas negeri termuda, UT juga menerapkan biaya kuliah termurah. Besaran biaya UKT di UT sendiri sebesar Rp500.000 hingga Rp2.200.000 per semester.

2. Universitas Trunojoyo

Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya kuliah murah selanjutnya adalah Universitas Trunojoyo yang berada di Jawa Timur.

Universitas ini mempunyai tujuh fakultas, diantaranya yakni Fakultas Hukum, Ekonomi & Bisnis, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Pertanian, Keislaman, dan Ilmu Pendidikan.

Seluruh fakultas yang ada di Universitas Trunojoyo sendiri memiliki besaran golongan UKT yang sama.

Pembagian UKT di kampus ini terbagi dalam enam golongan, di mana UKT terendah sebesar Rp500.000 dan UKT tertinggi sebesar Rp3.000.00.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut