get app
inews
Aa Read Next : Kisah Bung Karno Tertawa saat Polisi Kuba Hentikan Pengawalan hanya untuk Pinjam Korek Api  

Hari Pahlawan, Fatmawati Istri Bung Karno Pandai Mengaji dan Hidup Sederhana 

Kamis, 10 November 2022 | 11:02 WIB
header img
Fatmawati Istri Bung Karno. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Hari Pahlawan 10 November oleh bangsa Indonesia diperingati setiap tahun. Begitu banyak pahlawan rela berkorban nyawa dan hartanya untuk bangsanya.  Pahlawan bukan saja yang bergeral sambil mengangkat senjata, tetapi juga pahlawan dalam hal lainnya seperti Fatmawati, istri Bung Karno.

Saat Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, maka Fatmawati yang menjahit Sang Saka Merah Putih.

Perempuan asal Bengkulu tersebut punya banyak fakta menarik yang ternyata membuatnya menjadi sosok yang patut jadi teladan saat ini. Apa saja fakta -fakta tentang Fatmawati, berikut rangkumannya yang disusun Kamis (10/11/2022).

1. Bukan sembarang orang
Diketahui bahwa Fatmawati merupakan keturunan Kerajaan Indrapura Mukomuko. Ayahnya, Hassan Din, adalah keturunan keenam dari Kerajaan Putri Bunga Melur.

Sedikit informasi mengenai sang ayah. Hassan Din banyak diinformasikan bahwa dirinya adalah salah satu anggota Muhammadiyah Bengkulu. Ia rela melepas pekerjaannya sebagai pegawai perusahaan Belanda, Bersomij, demi mempertahankan prinsipnya di Muhammadiyah.

2. Nama asli Fatmawati
Fatmawati adalah putri tunggal keluarga Hassan Din dan Siti Chadijah. Ia lahir pada 5 Februari 1923 di Bengkulu. Nama aslinya Fatimah.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut