get app
inews
Aa Read Next : Ekspedisi Hari Pahlawan dan Hari Guru, 3 Pemuda Kenalkan Wisata Banyumas

Sejarah Hari Pahlawan 10 November yang Diperingati Setiap Tahun

Sabtu, 04 November 2023 | 19:05 WIB
header img
Ilustrasi Sejarah Hari Pahlawan 10 November. (Foto Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Sejarah Hari Pahlawan 10 November diperingati oleh Bangsa Indonesia setiap tahunnya. Untuk di tahun ini, Hari Pahlawan jatuh pada Jumat (10/11/2023).

Hari Pahlawan 10 november merupakan peristiwa bersejarah yang menjadi dasar penetapan Hari Pahlawan setiap tahun. 

Lalu, bagaimana sejarah penetapan Hari Pahlawan 10 November? Berikut ulasannya.

Sejarah Hari Pahlawan 10 November

Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2022 yang diterbitkan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), menyebutkan jika pasukan Indonesia dan Inggris sempat terlibat pertempuran besar di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. 

Seperti dilansir dari iNews.id, Sabtu (4/11/2023), pertempuran ini merupakan simbol perlawanan Indonesia kepada kolonialisme. Di mana setelah terjadi gencatan senjata pada tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda, akan tetapi bentrokan-bentrokan bersenjata tetap terjadi.

Dari bentrokan-bentrokan yang terjadi tersebut mulai memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.

Kematian Jendral Mallaby inilah yang akhirnya menyebabkan pihak Inggris marah besar kepada Indonesia. Setelah itu pihak Inggris mengganti Mallaby dengan Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh yang langsung mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945 dan meminta kepada Indonesia untuk menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut