get app
inews
Aa Read Next : 11 Orang Meninggal akibat Pabrik Cat Terbakar Hebat dan Meledak

5 Tradisi Tragis Jadi Janda di India, Diasingkan Sampai Bakar Diri

Kamis, 17 November 2022 | 12:43 WIB
header img
Ilustrasi 5 Tradisi Tragis Jadi Janda di India, Diasingkan Sampai Bakar Diri

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Menjadi janda di India sangat menyedihkan. India memiliki tradisi tragis bagi para janda dalam kehidupan bermasyarakat.

Kehidupan para janda di India sangat berbeda dengan negara lain di dunia yang tak mengatur kehidupan para Janda. Meski ada beberapa stigma negatif bagi perempuan yang menyandang status janda.

Lantas, tradisi menyedihkan seperti apa yang dialami janda di India? Berikut ulasannya.

Tradisi Tragis Jadi Janda di India

1. Harus Mengasingkan Diri

Di India, janda yang ditinggal sang suami tercinta karena meninggal dunia, umumnya mereka tidak punya pilihan selain tinggal di ashram vidhwa (ashram untuk janda) yang dijalankan oleh pemerintah, perusahaan swasta, dan LSM.

Hal ini mengikuti tradisi Hindu yang menyebutkan bahwa seorang janda tidak dapat menikah lagi. Perempuan menyandang status janda harus berdiam diri di rumah, melepas perhiasannya, dan memakai pakaian dengan warna berkabung.

2. Dilarang Mengikuti Beragam Acara

Di India, janda dianggap memiliki status sosial yang berada di bawah. Sehingga mereka seperti dikucilkan. Bahkan, janda tidak boleh mengikuti ritual keagamaan.

Janda di India juga dilarang datang ke acara pernikahan. Sebab diyakini sebagai penolakan kesialan yang mungkin bisa datang pada calon mempelai.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut