Logo Network
Network

Mengapa Menguap Bisa Menular? Begini Penjelasannya

Maryam Nurfauziah
.
Kamis, 24 November 2022 | 14:02 WIB
Mengapa Menguap Bisa Menular? Begini Penjelasannya
Ilustrasi Mengapa Menguap Bisa Menular? Begini Penjelasannya. (Foto: Okezone)

Menguap juga dikaitkan dengan pendinginan otak, yang bisa menjadi alasan mengapa Anda lebih banyak menguap dengan kenaikan suhu.

"Ketika otot-otot wajah rileks, itu memungkinkan panas hilang melalui vena wajah dan udara dingin yang masuk membantu mengurangi suhu otak melalui konveksi," terang dia.

Menurut sebuah penelitian, misalnya Anda baru saja beralih dari lingkungan yang panas ke yang lebih dingin, menjadi sebuah keadaan prima untuk menguap.

Mengapa kita menguap saat melihat orang lain menguap?

Berdasarkan penelitian lainnya, empati adalah alasan yang paling mungkin kenapa menguap itu bisa menular.

"Seiring bertambahnya usia manusia, kita meningkatkan perkembangan psikososial dan neurologis kita, menganggap orang lain menguap sebagai isyarat bahwa kita juga harus menguap," jelasnya.

Fenomena tersebut, dikenal sebagai echophenomena, itu juga telah dialami pada simpanse, anjing, dan manusia.

Saghir mengutarakan, menguap dapat disamakan dengan aktivitas saat kita terus-menerus dan secara otomatis meniru kata-kata orang lain (echolalia) atau tindakan (echopraxia).

Hal itu wajar, sebab otak kita benar-benar terprogram untuk meniru orang-orang di sekitar kita.

"Sebagai orang dewasa yang sehat secara mental, perkembangan psikososial kita akan membuat kita menguap ketika orang lain melakukannya," tegas Saghir.

Meski demikian, pada individu yang tidak memiliki perkembangan mental yang benar, efek menular dari menguap tidak terjadi.

"Misalnya, penelitian pada anak-anak yang masih mengembangkan mekanisme saraf hanya ditemukan menguap dalam kelelahan dan bukan sebagai respons terhadap menguapnya orang lain. Demikian pula pada orang dewasa dengan kondisi seperti autisme atau skizofrenia, di mana perkembangan sosialnya berbeda, menguap tidak ditiru," paparnya

Sederhananya, menularnya menguap lebih rentan dari seseorang yang Anda sayangi. Jadi besar kemungkinan jika salah satu anggota keluarga menguap, Anda akan ikut menguap karena secara tidak sadar ingin meniru tindakan mereka.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "Kenapa Menguap Bisa Menular? Ini Penjelasan Ilmiahnya".

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini