get app
inews
Aa Read Next : Apa Kabar Akhmad Sujadi, Kini Menggeluti Bisnis Nanas Madu yang Penuh Manfaat untuk Kesehatan

Walikota Bandung Oded M Meninggal Akibat Serangan Jantung, Kenali Tipe Silent Killer

Jum'at, 10 Desember 2021 | 19:12 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id - Walikota Bandung Oded M Danial meninggal dunia saat akan sholat Jumat. Oded meninggal akibat terkena serangan jantung hingga kolaps di Masjid Mujahidin, Kota Bandung.

Saat masuk UGD, kondisi tubuh Oded sudah menunjukkan sejumlah tanda-tanda telah meninggal dunia. Meski terindikasi sudah meninggal dunia, namun tim medis RS Muhammadyah tetap berusaha maksimal dengan Resusitasi Jantung Paru. Namun, dalam kurun waktu 10 menit tetap tidak menunjukkan perkembangan.

Memang, penyakit jantung menjadi salah satu momok menakutkan bagi banyak orang. Apalagi, di tengah pandemi ini banyak orang cenderung diam di rumah dan tidak berolahraga. Penyakit jantung sulit untuk dilihat karena tidak memberikan gejala-gejala yang jelas.

Tidak heran jika penyakit ini kemudian dijuluki sebagai silent killer atau penyakit yang diam-diam membunuh alias mengakibatkan kematian pada manusia. Secara umum, penyakit jantung adalah kondisi yang mempengaruhi struktur atau fungsi jantung. Kebanyakan orang menganggap ketika jantung mengalami masalah maka itu adalah sakit jantung.

Penyakit jantung sendiri, terbagi dalam beberapa tipe. Beberapa jenis dapat dikelompokkan bersama menurut bagaimana penyakit ini mempengaruhi struktur atau fungsi jantung manusia. Apa saja tipe-tipe penyakit jantung? Mewarta Heartandstroke, berikut ulasan singkat empat tipe penyakit jantung.

Gagal jantung

Kondisi serius yang berkembang setelah jantung menjadi rusak atau melemah sehingga tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yakni mengalirkan suplai darah ke organ tubuh.

Dua penyebab paling umum dari gagal jantung adalah serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Gagal jantung dikatakan memang tak bisa diobati, tapi resikonya bisa dikurangi dengan menjalani gaya hidup sehat serta pengobatan.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut