Lawan Stress dengan Humor dalam Dunia Kerja

Tim iNews Purwokerto
.
Jum'at, 09 Desember 2022 | 08:21 WIB
Ilustrasi stress

Oleh    : Adhika Purnama

Stress kerja merupakan respons fisik dan emosional yang berbahaya yang terjadi ketika pekerjaan tidak sesuai dengan kemampuan, sumber daya, atau kebutuhan pekerja. 

Stress kerja dapat menyebabkan kesehatan yang buruk, penyebab stress ditempat kerja bisa berupa aspek fisik dan psikososial, stressor fisik bisa berupa kebisingan, pencahayaan yang buruk, tata letak kantor kerja yang buruk, stressor psikososial, bisa dibilang, merupakan factor stress yang paling dominan. 

Hal ini bisa berupa tuntutan pekerjaan yang tinggi, jam kerja yang tidak fleksibel, control pekerjaan yang buruk, desain dan struktur kerja yang buruk, intimidasi, pelecehan dan ketidakamanan kerja. Stress tidak hanya berdampak pada pekerja, tetapi juga berdampak buruk pada kinerja perusahaan. 

Maka dari itu pentingnya bagi kita untuk mengelola stress, melawan stress terutama dalam dunia kerja salah satu cara untuk melawan stress dalam dunia kerja adalah dengan humor. Saat kita mendengar istilah humor, humor adalah sebuah hal ketidakseriusan dan bertolak belakang dengan dunia kerja yang dituntut mengejar target dan profesionalitas kerja, karena memang pencapaian target dalam sebuah pekerjaan adalah hal yang tidak dapat diganggu gugat. 

Penerapan target akan mempengaruhi perilaku pimpinan dalam mengambil keputusan, tentu dengan dukungan kerja tim yang hebat dari staffnya. Hal ini menjadikan ruang kantor sebagai tempat sacral yang harus dijaga keseriusannya, Bahkan, ukuran profesionalitas seringkali dilihat dari seberapa serius seseorang melakukan pekerjaan. 

Tapi apakah keseriusan adalah satu satunnya cara mencapai target dalam sebuah pekerjaan? Itu pula yang saya rasakan setelah lulus kuliah bekerja di lembaga keuangan yang jauh sekali dari rasa humor, karena dituntut untuk bekerja dengan serius agar hasilnya maksimal. 

Keseriusan dalam bekerja memang penting, tetapi bukan harga mati yang tak dapat ditawar lagi. Sekadar bercengkrama ringan dan berbagi tawa dengan rekan kerja tidak akan membuat perusahaan jadi bermasalah bukan? Selama ini, humor selalu identic dengan ketidakseriusan, sehingga banyak pimpinan atau manajemen perusahaan yang melarang karyawannya bercanda selama bekerja. 

Padahal humor termasuk dalam emosi positif yang dapat menstimulasi semangat karyawan dan meningkatkan performa kerjannya. Humor bisa membuat imun kita meningkat dan menghasilkan pikiran positif selain itu humor juga bisa menjadi sarana untuk menjalin keakraban dengan teman kerja, yang harapannya bisa menimbulkan hasil kerja yang baik baik kerja tim maupun individu. 

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini