get app
inews
Aa
Read Next : Humor Gus Dur Bikin Tertawa, Begini Testimoni Mahfud MD

Lawan Stress dengan Humor dalam Dunia Kerja

Jum'at, 09 Desember 2022 | 08:21 WIB
header img
Ilustrasi stress

Menghadirkan humor di lingkungan kerja tidak selalu melibatkan jokes, prank, apalagi sebuah pertunjukan komedi. Anda bisa memulai menginisiasi dengan hal hal yang sederhana, seperti memulai rapat dengan mempersilahkan staff  atau kolega anda menceritakan kejadian apa yang belakangan membuat mereka tertawa. 

Mungkin cerita yang dibagikan tidak selalu lucu dan tidak membuat semua orang tebahak bahak, tetapi ini bisa sedikit mengurangi stress dalam dunia kerja dan tentunnya mempererat relasi, karena komunikasi selain berfokuskan kepada isi komunikasi juga berfokuskan pada relasi Manfaat lain dari humor didalam pekerjaan menurut Marco Sampiertro dalam buku yang berjudul Humor at The Workplace manfaatnya antara lain mengurangi stress, meningkatkan kualitas kepemimpinan dan kekuatan tim, memperbaiki komunikasi, memancing kreatifitas, membangun budaya perusahaan. 

Bahkan seringkali berada di perusahaan yang penuh dengan humor dan gelak tawa dapat membuat karyawan (yang biasannya tegang dan melelahkan) tidak merasa seperti sedang bekerja, sehingga mereka semangat dating ke kantor dan merasa rugi bila tidak masuk kantor.

Namun, ada pula dampak negative dari humor menurut Marco Sampietro yang diterapkan secara salah saat bekerja, seperti: karyawan yang tersinggung dengan humor dari karyawan lain atau bahkan pimpinannya, yang dapat mengikis kewibawaan pemimpin apabila kebablasan , sehingga tercipta konflik yang dapat mengganggu pekerjaan. 

Karyawan juga dianggap tidak serius bekerja apabila terlalu banyak bercanda. Humor layaknya onat, memang harus memperhatikan dosis dan aturan pakai, Jika salah penggunaan, alih alih menyembuhkan malah bisa jadi racun yang mematikan. 

Humor yang dosisnya tepat tentunnya bisa menjadi alat untuk melawan stress terutama dalam di lingkungan pekerjaan, karena humor ini merupakan emosi positif, jaman sekarangpun banyak instansi yang menyadari pentingnya menghadirkan unsur kebahagiaan dalam bekerja. 

Karena kebahagiaan dalam bekerja bisa meminimalisir dampak stress dalam bekerja, tentunnya dampak stress ini dapat menyebabkan daya ingat kita menjadi lemah maka dari itu humor ini dapat menghindarkan kita dari stress, artinnya kita sedang merawat daya ingat sendiri dengan humor.     

Penulis adalah Mahasiswa Magister Komunikasi Penyiaran Islam UIN KH Syaifuddin Zuhri Purwokerto

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut