get app
inews
Aa Read Next : Begini Dampak Phubbing bagi Pelajar, Salah Satunya tak Konsentrasi Belajar

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online, Atur Jadwal, Sibukkan Diri hingga Uninstall Total

Selasa, 20 Desember 2022 | 14:04 WIB
header img
Ilustrasi Cara Mengatasi Kecanduan Game Online, Atur Jadwal, Sibukkan Diri hingga Uninstall Total. Foto: Arbi Anugrah

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kecanduan game online secara berlebihan memiliki dampak yang buruk bagi para pemainnya. Terutama bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa yang memainkan game online.

Meski game online merupakan aktivitas yang menyenangkan, namun ketika pemainnya telah kecanduan game online, maka hal ini bisa diartikan sebagai gangguan mental. Salah satu contohnya ditandai dengan dorongan untuk bermain game hingga berjam-jam dan menyebabkan pemain game melupakan atau bahkan tidak mempedulikan aktivitas lainnya 

Seseorang yang telah kecanduan game biasanya memiliki gejala seperti keinginan untuk bermain game setiap waktu, memerlukan lebih banyak waktu untuk bermain, menghabiskan waktu bermain game tanpa melakukan aktivitas dan menghamburkan uang untuk membeli game.

Selain gejala psikologis, seseorang yang sudah kecanduan game online biasanya akan mudah mengalami gejala fisik seperti cepat lelah, sakit kepala (migrain), nyeri punggung dan mata berkunang-kunang. Pecandu game online juga tidak memperdulikan atas masalah perilakunya. Lantas bagaimana cara mengatasi kecanduan game online?

Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Online

1. Menjauhkan Diri dari Gadget

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online adalah dengan menaruh gadget di luar kamar. Ketika sedang bersantai di kamar, Anda mungkin cenderung akan memegang smartphone atau gawai lainnya dan secara otomatis akan membuka aplikasi game. Mulai saat ini, cobalah untuk biasakan diri untuk tidak memegang gadget setiap saat, tujuannya agar Anda tidak merasa ketergantungan.

2. Mengatur Jadwal Bermain Game Online

Mulailah untuk membiasakan diri dengan disiplin dan juga mematuhi jadwal bermain game online yang sudah Anda buat. Ketika sudah merasa terbiasa dengan jadwal yang dibuat, Anda dapat mengurangi lagi waktu bermain. Sebagai contoh, ketika awalnya bermain game selama 5 jam, coba kurangi lagi menjadi 3-4 jam setiap harinya. Lakukan proses ini secara bertahap hingga Anda benar-benar terlepas dan tidak lagi bergantung pada game online.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut