get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Muncul Awan Berbahaya di Timur Gunung Slamet Pagi Ini, Pertanda Apa?

Selasa, 27 Desember 2022 | 07:13 WIB
header img
Ada fenomena langit menarik pada Selasa (27/12/2022) pagi. Awan yang berbentuk UFO muncul di sebelah timur Gunung Slamet yang juga bertudung awan tipis. (Foto: iNewsPurwokerto/Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Ada fenomena langit menarik pada Selasa (27/12/2022) pagi. Awan yang berbentuk UFO muncul di sebelah timur Gunung Slamet yang juga bertudung awan tipis. Awan itu dinamai lencticularis. Awan yang berbahaya bagi penerbangan.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan yang dikirimi foto itu membenarkan bahwa fenomena tersebut merupakan awan lencicularis. 

“Awan ini berbahaya bagi penerbangan. Sebab, pesawat bisa mengalami turbulensi ketika masuk awan tersebut,”jelas Rendi yang dihubungi iNewsPUrwokerto.

Menurutnya, saat meihat awan tersebut, biasanya masyarakat menyebutnya sebagai awan topi atau awan tudung. 

“Kemunculan awal lenticularis tergolong langka karena mekanisme pembentukannya yang unik. Hal ini karena memang bentuk awan Lentikularis atau awan topi ini yang unik dan juga ketinggian terbentuknya dapat berada pada level awan rendah, awan menengah dan awan tinggi,”jelasnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut