get app
inews
Aa Read Next : 10 Tahun di Luar Angkasa, Drone Misterius Bertenaga Surya Mendarat di Bumi

Agar Manusia Bisa Jelajah Luar Angkasa dalam Waktu Lama, Ilmuwan Buat Saklar Otak 

Rabu, 11 Januari 2023 | 12:20 WIB
header img
Para ilmuwan dari Shenzhen Institute of Advanced Technology (SIAT) membuat saklar otak. (Foto: Istimewa)

Salah satu caranya adalah dengan hibernasi. Proses hibernasi, yang juga dikenal sebagai mati suri, adalah keadaan fisiologis yang memungkinkan hewan bertahan dari kondisi buruk. Misalnya cuaca dingin yang ekstrem dan oksigen yang rendah.

Ketika hibernasi, temperatur di badan akan sangat rendah. Begitu juga dengan metabolisme tubuh yang berjalan pelan. Hal itu membuat tubuh berada dalam mode pemeliharaan. Tujuannya supaya tetap hidup sambil mencegah terjadinya atrofi. 

Namun, secara alamiah hibernasi hanya bisa ditemukan di beberapa hewan-hewan berdarah panas dan sebagian mamalia. Namun tidak ada pada primata. Apalagi pada manusia. 

Proses hibernasi itulah yang kemudian ingin diterapkan para ilmuwan di SIAT untuk manusia. Dengan begitu, harapannya manusia dapat menjelajah luar angkasa. Namun manusia sangat berbeda dengan hewan yang mampu hibernasi. 

Mereka kemudian mencoba memasang sebuah saklar di bagian preoptik hipotalamus yang bisa mengaktifkan kondisi hibernasi. Saat ini metode itu mereka sudah coba kepada tiga ekor monyet penelitian. 

"Di sini, kami menunjukkan bahwa mengaktifkan subpopulasi neuron area preoptik (POA) dengan strategi chemogenetic secara andal menginduksi hipotermia pada kera yang dibius. Dalam keadaan itu mereka masih bisa bergerak bebas,”demikian pernyataan para penliti.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut