get app
inews
Aa Read Next : Bertemu Warga Banjarnegara, SBY Bercerita Tidak Suka Memberi Janji Muluk-muluk Saat Jadi Presiden

Di Purwokerto, SBY Blak-blakan Soal Presiden 2024 Mendatang, Dia Percaya…

Kamis, 12 Januari 2023 | 08:34 WIB
header img
Mantan Presiden SBY saat berada di Warunge Dewek di Jalan Raya Purwokerto-Baturraden. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bicara blak-blakan soal pemimpin Indonesia ke depan. Termasuk di dalamnya adalah calon presiden (capres) 2024. 

SBY yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu percaya bahwa pemimpin bakal lahir secara alamiah, tidak harus dipersiapkan khusus. 

Kalau saya. Saya percaya akan lahir pemimpin-pemimpin baru di negeri ini. Saya tidak percaya pemimpin itu harus dipersiapkan secara khusus oleh pihak-pihak tertentu,”jelas SBY saat bincang santai dengan sejumlah wartawan di Rumah Makan Warunge Dewek, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Rabu (11/1/2023) malam.

SBY menjelaskan bahwa di negara demokrasi akan muncul banyak calon pemimpin yang ingin berkompetisi dengan meningkatkan kapabilitas dan elektabilitas.

“Negara harus memberikan peluang dan ruang yang sama, yang adil. Tidak boleh negara masuk terlalu jauh sehingga mengganggu fairness, keadilan bagi siapapun yang akan mencalonkan sesuatu,”ungkap mantan presiden yang menjabat dua kali periode tersebut.

Pemilu, kata SBY, merupakan milik rakyat dan yang berdaulat adalah rakyat. KPU itu penyelenggara, jadi yang memiliki gawe atau hajat adalah rakyat. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut