get app
inews
Aa Read Next : Memasuki Usia ke-118, Sekolah 3 Bahasa Putera Harapan Luncurkan 4 Maskot

Puhua Gelar Science and Business Fair 2023, Ada Robot Pembersih

Jum'at, 17 Februari 2023 | 16:02 WIB
header img
Siswa perancang sebuah robot pembersih lantai atau vacuum cleaner berbasis sebuah perangkat elektronik bernama Arduino. (Foto; Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Ada inspirasi dari quotes beken seorang Albert Einstein. Quotes itu adalah, “Education is not the learning of facts, but the training of the mind to think”. 

Kalimat itulah yang menginspirasi Kepala SD (Primary) Yohanes Tri Cahyadi  dan F David Ludiranto, Kepala SMA (Secondary) ketika berkolaborasi menggelar Puhua Student Fair pada Jumat (17/2/2023) yang berlangsung di SMA Nasional Sekolah 3 Bahasa Putera Harapan atau Puhua School

Dengan basus ilmu sains seperti disika, kimia, biologi dan bisnis yang menjadi mata pelajaran di sekolah, siswa siswi SD kelas 3 sampai 6 dan kelas 10 serta 11 membuat penelitian science. Sebelumnya, berwujud teori ilmiah dalam buku, diaktivasi menjadi proyek nyata yang luar biasa kreatif sekaligus bermanfaat bagi kehidupan.  

Robot pembersih dan sabun minyak jelantah

Siswa kelas 10 dan 11 menampilkan 11 project dari 11 kelompok berisi 5-6 orang dimana hasil ujicobanya begitu lekat bahkan bermanfaat dengan kehidupan kita sehari-hari. 

Misalnya ada siswa merancang sebuah robot pembersih lantai atau vacuum cleaner berbasis sebuah perangkat elektronik bernama Arduino. Lalu ada Rain Detector yang dapat mengeluarkan sinyal ketika hujan akan datang. 

Selain itu ada Watering using solar power yang bermanfaat untuk pengairan kebun melalui pompa air yang digerakkan oleh energi panas matahari menjadi energi listrik. 

Tidak kalah keren ada uji coba pada katak yang menunjukan adanya Electrical Stimulation of a frog untuk mengetahui apakah sel tubuh masih dapat melakukan respon setelah katak mati. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut