get app
inews
Aa Read Next : Profil Budhi Sarwono, Mantan Bupati Banjarnegara yang Meninggal Dunia dan Kerap Membuat Kontroversi

8 Pejabat yang Ditangkap KPK Selama 2021, Ada Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono

Selasa, 28 Desember 2021 | 09:09 WIB
header img
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono ditahan KPK atas kasus dugaan korupsi dan gratifikasi. (iNews/Ariedwi Satrio)

JAKARTA, iNews.id – Selama kurun waktu 2021, KPK melakukan penang.kapan terhadap kepala daerah dan anggota DPR. Setidaknya ada 8 penangkapan, bupati, gubernur dan anggota DPR. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah 

KPK menangkap Nurdin Abdullah pada Sabtu, 27 Februari 2021, dini hari. Nurdin Abdullah bersama beberapa orang lainnya terjaring dalam OTT KPK di daerah Sulawesi Selatan. Nurdin Abdullah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan suap dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa, perizinan serta pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan Tahun anggaran 2020-2021. Kasusnya tersebut kini telah berkekuatan hukum tetap. Nurdin divonis bersalah dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara serta denda sebesar Rp500 juta subsidair empat bulan kurungan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. Nurdin Abdullah juga diwajibkan untuk membayar uang pengganti Rp5,8 miliar. Selain itu Majelis Hakim juga mencabut hak politik Nurdin Abdullah untuk dipilih dalam jabatan publik selama tiga tahun setelah menjalani pidana pokok. Nurdin Abdullah telah dieksekusi ke Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. 

2. Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari dan Suaminya, Hasan  Aminuddin 

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari beserta suaminya yang merupakan anggota DPR Hasan Aminuddin terjaring OTT KPK, Minggu (29/8/2021). Pasangan suami istri tersebut kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Puput dan Hasan ditetapkan tersangka kasus dugaan suap terkait jual beli jabatan kepala desa (kades) di daerah Probolinggo. Hasan dibantu Puput diduga telah mematok harga Rp20 juta ditambah upeti penyewaan tanah kas desa Rp5 juta per hektare bagi para calon kepala desa. Keduanya kemudian dijerat kembali oleh KPK dengan pidana gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Saat ini, KPK masih mengumpulkan bukti dan keterangan para saksi untuk menguatkan perbuatan korupsi pasangan suami istri tersebut. 3. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono pada Jumat (3/9/2021) dan orang kepercayaannya, Kedy Afandi. Keduanya ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di Pemkab Banjarnegara, tahun 2017 - 2018.  Usai diumumkan sebagai tersangka, KPK langsung menggelandang keduanya untuk menuju ke Rumah Tahanan (Rutan) yang berbeda. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut