get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Mengapa Anak Wajib Berbakti Kepada Orangtua dan Dilarang Berkata Ah, Ini Alasannya

Selasa, 14 Maret 2023 | 18:44 WIB
header img
Mengapa Anak Wajib Berbakti Kepada Orangtua dan Dilarang Berkata Ah, Ini Alasannya. Foto: Dok INews.id

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Seorang anak wajib berbakti kepada orangtua, itulah mengapa orangtua merupakan sosok yang wajib dihormati, khususnya sosok ibu yang memiliki kedudukan tiga kali lebih mulia dari ayah. Berbuat durhaka kepada orangtua sama saja melakukan maksiat dan dosanya berada diurutan kedua setelah mempersekutukan Allah.

Dilansir dari SINDOnews, Selasa (14/3/2023), dan janganlah sekali-kali seorang anak mengatakan "Ah" kepada kedua orangtuanya. Tertulis dalam AlQuran, kita tidak boleh sekali-kali tidak berkata "Ah" (Uff) kepada orang tua atau bersikap kasar kepada keduanya. Peringatan Allah ini tertulis dalam AlQuran:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا‌ ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا‏

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS. Al-Isra Ayat 23)


Al-Quran mengingatkan manusia agar sekali-kali tidak berkata Ah (uff) kepada orang tua atau bersikap kasar kepada keduanya. Foto ilustrasi/dok bimbinganislam

 

Sementara dalam Tafsir Kementerian Agama dijabarkan alasan mengapa seorang anak wajib memuliakan orangtuanya dan tidak bersikap kasar kepada orangtua termasuk mengucapkan 'Ah". Ini penjelasannya:

1. Kasih sayang dan usaha kedua orangtua, ibu bapak telah tercurahkan kepada anak-anaknya agar mereka bisa menjadi anak-anak yang saleh, serta terhindar dari jalan yang sesat. Maka sudah sepatutnya kasih sayang mereka mendapatkan balasan terbaik dari anak-anaknya, yaitu memperlakukan kedua orangtuanya dengan baik dan mensyukuri jasa mereka.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut