get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Purwokerto dan Sekitarnya Kamis 28 Maret 2024

Apakah Ada Anjuran Mandi Wajib Sebelum Melaksanakan Puasa Ramadhan?

Kamis, 16 Maret 2023 | 09:58 WIB
header img
Ilustrasi Apakah Ada Anjuran Mandi Wajib Sebelum Melaksanakan Puasa Ramadhan? (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Apakah ada anjuran mandi wajib sebelum melaksanakan puasa Ramadhan? Lalu bagaimana cara melaksanakannya?.

Banyak orang yang berpikir harus melaksanakan mandi wajib jelang bulan Ramadhan. Namun perlu diketahui jika anjuran mandi wajib sebelum melaksanakan puasa Ramadhan hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Berikut ulasan lengkapnya.

Apakah ada anjuran mandi wajib sebelum puasa Ramadhan?

Jika mengacu pada ayat suci Al-Qur’an dan hadits, tidak tertulis dalil tentang anjuran untuk melakukan mandi wajib jelang puasa Ramadhan. Rasulullah SAW juga tidak pernah menuntut umatnya untuk melakukan perbuatan yang demikian.

Dalam Islam, memang terdapat sejumlah mandi yang disunnahkan, seperti mandi jelang salat Jumat, mandi sebelum salat ied, dan sebagainya. Tetapi mandi tersebut tidak dikenai hukum wajib, melainkan sunnah.

Satu-satunya mandi wajib harus dilakukan saat bulan Ramadhan adalah ketika seseorang tengah berhadats besar dan hendak melaksanakan salat. Namun ini juga berlaku pada bulan-bulan lain, sebab salah satu syarat sah melaksanakan ibadah salat adalah suci dari hadats besar dan kecil. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut