get app
inews
Aa Read Next : Kejari Purbalingga Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana 

Zakat di Purbalingga Ditargetkan Himpun Rp5 Miliar

Selasa, 18 April 2023 | 08:05 WIB
header img
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengajak para ASN untuk zakat sehingga dapat mengentaskan kemiskinan. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengajak para ASN, terutama di lingkungan Pemkab Purbalingga, untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Purbalingga. Salah satu cara yang dapat dilakukan meski dalam keterbatasan anggaran adalah dengan memanfaatkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Saya mohon bantuan teman-teman ASN untuk memberdayakan Baznas agar pengumpulan zakat ASN di Kabupaten Purbalingga bisa optimal. Yang merasa dirinya ASN maka bayar zakatnya di Baznas, kalau mau bayar infaq, sedekah di tempat lain silahkan," kata Bupati Tiwi dalam acara Gerakan Cinta Zakat Kabupaten Purbalingga, Senin (17/4/2023) di Pendopo Dipokusumo.

Untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat ASN, Bupati telah mengeluarkan Surat Edaran kepada unit-unit kerja di Pemkab Purbalingga, BUMD, dan desa/kelurahan untuk membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Langkah tersebut sudah ditindaklanjuti oleh beberapa unit secara bertahap, dan ditargetkan UPZ bisa terbentuk secara keseluruhan pada bulan Mei mendatang.

"Setiap tiga bulan sekali, kita akan mengevaluasi per triwulan, dan kita akan melihat nantinya mana OPD yang mendukung Gerakan Cinta Zakat dan mana yang tidak," ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Purbalingga saat ini mencapai 15,3%, sedangkan angka kemiskinan ekstrem mencapai 2,19%. Meski dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami penurunan, namun belum terlalu signifikan.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut