get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Keperawatan UMP Raih Juara 1 Kompetisi Sosial Opinion Writing 2024

Kisah Eka, Wisudawati IT Telkom Purwokerto Lulus Cumlaude Full Beasiswa, Kini Jadi Designer Muda

Sabtu, 24 Juni 2023 | 13:25 WIB
header img
Kisah Eka, Wisudawati IT Telkom Purwokerto Lulus Cumlaude Full Beasiswa, Kini Jadi Designer Muda. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Risma Eka Kurnia lulus sebagai salah satu wisudawan inovatif di Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto. Eka Risma, sapaan akrabnya, berhasil mengukir prestasi sebagai seorang fashion designer dan telah mempunyai brand sendiri untuk karyanya yaitu Akura.

Eka mulai terjun sebagai fashion designer sejak Februari 2022. Dalam satu tahun, ia telah berhasil meraih beberapa penghargaan dalam bidang fashion design. Dalam lingkup regional, Eka menjadi juara 1 kompetisi fashion design yang diadakan oleh pemerintah Cilacap, serta juara 2 kompetisi di Banyumas.

Tak puas, gadis cantik asal Purwokerto ini kemudian melaju ke tingkat nasional dan meraih Best Performance dalam Indonesia Fashion Design Competition yang diadakan oleh Indonesia Fashion Designer 2022. Terbaru, pada bulan Juli mendatang ia akan hadir sebagai tamu undangan dan menampilkan hasil karyanya pada Indonesia Fashion Parade 2023.

“Eka bikin desain baju motif cowongan banyumas yang divisualkan dalam bentuk kartun” kata Eka kepada wartawan, Sabtu (24/6/2023).

Akura, brand yang ia buat saat ini juga telah bekerjasama dengan Rumah BUMN Purwokerto. Beberapa karyanya dipajang dan kerap diikutkan dalam pameran yang diselenggarakan oleh Rumah BUMN dengan berbagai pihak.  

Bahkan pada acara wisudanya hari Sabtu (24/6), Eka tampil anggun mengenakan kebaya kutu baru modern yang ia konsep bersama desainer senior, Bhyandha. 

“Kebayanya kombinasi bahan tenun sama brukat. Pakai tenun troso jepara motif dayak” ungkap Eka. 

Menurutnya, salah satu keunggulan desainnya adalah unik, menggunakan motif dan kain khas daerah tertentu (batik, tenun, dan lainya) serta pembuatan sketsanya yang sudah digital. 

“Bikin desainnya (sketsa digital) jadi lebih bagus dan nyata, kayak foto. Dulu jarang yang pake, sekarang udah mulai banyak ” jelasnya.

Eka mengaku mendapat kemampuan desain secara digital sejak kuliah. Menurutnya, selama menjadi mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) di IT Telkom Purwokerto, banyak yang ia dapatkan untuk menunjang karirnya. 

Ia memang menekuni bidang fashion, desain dan industri kreatif. Tahun 2017, Eka mendapat penghargaan sebagai Winner Indonesia Model Hunt dan masih aktif sebagai model hingga saat ini. Ia juga aktif sebagai salah satu presenter di stasiun TV lokal juga sebagai penyanyi dan youtuber. 

Selain inovatif, Eka mempunyai prestasi yang baik di bidang akademis. Ia berhasil lulus cumlaude dengan IPK 3,82 serta mendapatkan beasiswa full selama menempuh pendidikan. Selesai kuliah, ia berencana untuk melanjutkan studi S2 dan bercita - cita menjadi seorang akademisi. 

“Ingin jadi dosen, tapi juga tetep aktif sebagai praktisi” terang Eka.

Eka mengajarkan kita semua untuk tidak takut mencoba sesuatu yang baru. Ia juga membuktikan bahwa kesibukannya dapat berjalan beriringan bersama pendidikannya. 

Sementara menurut Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset, Tenia Wahyuningrum mengatakan jika wisuda di IT Telkom Purwokerto di tahun 2023 ini dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni di bulan Juni dan di bulan Desember mendatang.

"Untuk di bulan Juni ini wisuda yang ke 17 dan hari ini ada 291 wisudawan dan wisudawati," katanya.

Menurut dia, upaya IT Telkom Purwokerto untuk meningkatkan kualitas SDM baik dosen dan mahasiswa terus ditingkatkan. Termasuk mendorong dosen untuk melakukan studi lanjut baik di dalam maupun luar negeri.

"Institusi secara keseluruhan kami sudah memenangkan atau meraih peringkat Webometrics Nomor 1 institut terbaik di Indonesia. Lalu WURI Ranking itu ada beberapa kategori diantaranya ada kategori industri 4.0, itu yang kami raih ditingkat internasional," jelasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut