get app
inews
Aa Read Next : IT Telkom Purwokerto Buka Beasiswa Influencer, Yuk Simak Syarat dan Ketentuannya

10 Perbedaan Threads dengan Twitter yang Baru Diluncurkan Meta, Mana Lebih Unggul

Jum'at, 07 Juli 2023 | 13:06 WIB
header img
10 Perbedaan Threads dengan Twitter yang Baru Diluncurkan Meta, Mana Lebih Unggul. Foto: Tangkapan layar

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Threads, aplikasi saingan Twitter telah resmi meluncur Kamis (6/7) kemarin. Aplikasi Threads yang dikembangkan oleh Meta, anak perusahaan Instagram telah merilis ke publik dan mendapatkan respon positif dari pengguna internet. Lalu apa perbedaan Threads dengan Twitter?

Mark Zuckerberg, CEO Meta Inc dalam postingannya di aplikasi Threads mengungkapkan bahwa dalam 13 jam pertama, pengguna Threads telah mendaftar lebih dari 30 juta pengguna. 

"Wow, 30 juta pendaftar pagi ini. Terasa seperti awal dari sesuatu yang istimewa, tetapi kami memiliki banyak pekerjaan di depan untuk membuat aplikasi ini," ujar Mark melalui akun Threads-nya, dilansir pada Jumat (7/7/2023).

Dikutip dari The Verge beberapa waktu lalu, aplikasi saingan Twitter tersebut akan menggunakan protokol "ActivityPub Social Networking" sehingga para pengguna Threads bisa menggunakan akun Instagram yang telah memiliki pengikut ke platform Threads.

Sebelum diluncurkan, Meta juga telah melakukan serangkaian uji coba untuk mengetahui versi stabil dari aplikasi tandingan Twitter tersebut, termasuk menunjukkan apakah aplikasi ini tetap nyaman saat dioperasikan dan aman ketika membagikan pesan. Lantas, apa perbedaan Threads dengan Twitter, berikut ulasannya seperti dirangkum iNewsPurwokerto.id dari berbagai sumber.

Perbedaan Threads dengan Twitter

1. Login Menggunakan Akun Instagram

Bagi kalian yang baru mau menggunakan aplikasi Threads, setidaknya kalian memiliki akun Instagram terlebih dahulu, sebab ketika pertama membuat profil, aplikasi Threads akan memberikan opsi untuk mengimpor informasi bio dan pengikut dari profil Instagram kalian. 

Termasuk, untuk nama pengguna (username) pada aplikasi Threads tidak bisa diganti melalui aplikasi tersebut, tapi harus dilakukan melalui akun di Instagram, itu yang berarti, para pengguna aplikasi Threads tidak bisa memiliki username yang berbeda dari kedua aplikasi tersebut.

2. Memiliki Karakter yang Lebih Banyak

Perbedaan paling mencolok antara Threads dan Twitter terlihat pada jumlah batas karakter. Seperti diketahui, jika Twitter membatasi jumlah karakter hingga maksimal 280. Sedangkan, Threads menawarkan batasan karakter hingga mencapai 500. Jumlah karakter ini secara otomatis memberikan kebebasan bagi pengguna Threads untuk dapat menyampaikan pendapat mereka lebih panjang.

3. Jumlah Following Tidak Ditampilkan di Threads

Perbedaan Threads dengan Twitter selanjutnya adalah aplikasi ini tidak menampilkan jumlah orang yang diikuti atau following di profil akunnya. Kalian bisa mengetahuinya dengan masuk ke akun profil orang lain, setelah itu klik followers milik akun tersebut, lalu akan tampil tab following dengan cara menggeser ke kanan untuk melihat jumlahnya.

4. Memiliki Durasi Video Lebih Panjang

Threads juga memiliki kemampuan untuk membagikan video dengan durasi hingga lima menit, meski pengguna aplikasi Threads belum terverifikasi. Akan tetapi, sebaliknya aplikasi Twitter membatasi para pengguna yang belum terverifikasi dalam membagikan video tidak lebih dari dua menit dan dua puluh detik. Durasi video yang lebih lama pada Threads jelas dapat membuat para konten kreator bisa menampilkan hasil kreativitas mereka serta berinteraksi dengan para pengikutnya secara lebih efektif.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut