get app
inews
Aa Read Next : Jumat Berkah, Personel Polresta Cilacap Kumpulkan Dana untuk Korban Perundungan

Mengapa Bintang Diciptakan, Ini Jawaban Al-Quran

Jum'at, 14 Januari 2022 | 10:26 WIB
header img
Allah menciptakan gugusan bintang di langit dan menjadikannya terasa indah bagi orang yang memandangnya

JAKARTA, iNews.id - Tanda kebesaran Allah dapat dilihat dari penciptaan langit dan bumi beserta isinya.  Bagaimana Allah menciptakan gugusan bintang di langit dan menjadikannya terasa indah bagi orang yang memandangnya. 

Jika ada yang bertanya, untuk apa Allah menciptakan bintang di langit? Maka jawabannya ada dalam Al-Qur'an Al-Karim. 

Kebenaran Al-Qur'an tidak diragukan lagi karena pesan-pesan yang ada di dalamnya sejalan dengan ilmu pengetahuan modern. 

"Dan Dia menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi untukmu semuanya (sebagai rahmat) dari-Nya. Sungguh, dalam hal yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berfikir." (QS. Al-Jatsiyah Ayat 13) 

Terkait penciptaan bintang ini dijelaskan dalam ayat yang sering kita baca setiap malam. Allah berfirman: وَلَـقَدۡ زَيَّـنَّا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ وَجَعَلۡنٰهَا رُجُوۡمًا لِّلشَّيٰطِيۡنِ‌ وَاَعۡتَدۡنَا لَهُمۡ عَذَابَ السَّعِيۡرِ 

Artinya: "Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami jadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala." (QS Al-Mulk Ayat 5) 

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan makna kalimat {وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِلشَّيَاطِينِ} "dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan." Damir yang terdapat di dalam lafaz "waja'alnaha" kembali kepada jenis dari Al-Masabih, bukan kepada bentuknya. 

Karena sesungguhnya bintang-bintang yang ada di langit tidaklah digunakan untuk melempari setan-setan, melainkan yang dipakai ialah nyala api yang lebih kecil daripada bintang-bintang itu sendiri, atau barangkali nyala api itu bersumber darinya. Hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui. 

Dalam tafsir Kementerian Agama dijelaskan, sebagian ulama menafsirkan ayat ini dengan mengatakan bahwa Allah menciptakan bintang-bintang sebagai hiasan dunia dan untuk menimbulkan rezeki bagi manusia, yaitu dengan adanya siang dan malam dengan segala macam manfaatnya yang diperoleh darinya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut