Perpaduan Keberagaman Budaya di Kelenteng Hok Tek Bio Purbalingga

Elde Joyosemito
.
Jum'at, 14 Januari 2022 | 23:01 WIB
Bazzar Art Cartoon Village di Kelenteng Hok Tek Bio Purbalingga. (Foto: Dokumentasi)

PURBALINGGA, iNews.id - Harmoni kehidupan masyarakat Indonesia dari keberagaman baik suku, ras, budaya, bahasa, agama telah terjalin sejak ratusan tahun silam. Sejatinya, kemajemukan ini menjadi kekayaan Indonesia sebagai bangsa. 

Agar keberagaman tetap bisa terjaga dan nilai-nilai kebhinekaan tunggal ika ini tidak luntur dimakan zaman, maka Kie Art Cartoon School melaunching Bazzar Art Cartoon Village. Bazaar dibuka di Kelenteng Hok Tek Bio Purbalingga pada Jumat (14/1/2022) malam dan akan berakhir pada Minggu (16/1/2022). 

“Dalam Launching pertamanya ini menampilkan pertunjukkan dan hasil karya seni dari beberapa kelompok Pemuda Seni Kie Art Cartoon School dari Desa Kartun Sidareja Purbalingga,”papar Slamet Santosa pegiat Kie Art usai pembukaan.

Bazzar Art Cartoon Village Sidareja akan menjadi wadah bagi para pemuda seni dan para seniman yang berkolaborasi dalam menampikan karya karya yang selama ini dikembangkan dan dilatih selama berada di desanya utk dapat dinikmati oleh Masyarakat Luas selain dalam misi mengedukasi dan melestarikan budaya desanya yakni Sidareja.  

Slamet Santosa juga menjelaskan selain karya pertunjukan seperti seni ebeg Sidareja,  seni karawitan, Tari Ujungan 111 th history desa ataupun dalang Jemblung Kusno Umah Wayang. Tak hanya itu, bazar ini juga menampilkan karya seni handmade seperti lukisan, sepatu lukis, tas lukis, lampu lukis, kriya bambu dan juga ada karya blangkon Sudirman. Tentu saja dalam waktu kedepan akan dikembangkan dan lebih bervariasi dalam produk–produk hand made karya pemuda seni.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini