get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Coding First Purwokerto Latih Pemrograman untuk Anak-anak Panti Asuhan Bunda Serayu

Minggu, 23 Juli 2023 | 13:50 WIB
header img
Anak-anak begitu asyik dan antusias mengikuti perintah instruktur yang berasal dari Coding First Purwokerto.  (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Puluhan anak di Panti Asuhan Bunda Serayu itu memperhatikan kertas yang berisi simbil-simbol panah ke kanan dan kiri, juga ke atas dan bawah. 

Tampak juga gelas-gelas sebagai bahan peraganya. Mereka mengikuti perintah instruktur untuk mengerjakan soal-soal dalam bentuk permainan tersebut.

Anak-anak begitu asyik dan antusias mengikuti apa perintah instruktur yang berasal dari Coding First Purwokerto

Coding First adalah sebuah lembaga pendidikan pemrograman yang secara khusus melatih anak-anak Panti Asuhan Bunda Serayu secara gratis.

Founder Coding First Alvin Mariogani mengatakan bahwa sebagai awal pelatihan, pihaknya tidak langsung mengajari anak-anak bermain di dalam komputer. 

“Kami memulai melalui permainan. Goals-nya adalah melatih logika dan menuruti perintah yang disampaikan. Ini merupakan pendidikan paling dasar coding dan pemrograman,”jelas Alvin di sela-sela pelatihan pada Minggu (23/7/2023).

Menurutnya, langkah itu dilakukan untuk menarik minat anak-anak terlebih dahulu. Baru nantinya akan secara berkelanjutan mengarah ke coding dan pemrograman. 

“Istilahnya tidak langsung yang susah-susah. Menarik minat anak-anak terlebih dahulu. Akan ada tiga step. Langkah awal, pelatihan selama 20 kali itu akan dapat membuat game sendiri secara sederhana. Kemudian untuk pertemuan 40-60 bisa membuat game dan program yang lebih kompleks,”jelasnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut