get app
inews
Aa Read Next : 1.165 Calon Jemaah Haji Banyumas Pamitan

Begini Harapan Tokoh Terkait Pengangkatan Pj Bupati Banyumas

Kamis, 17 Agustus 2023 | 06:19 WIB
header img
Tiga tokoh masyarakat, Mu’tamir, Tjie Hak dan Nu Fauzi. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Siapa yang bakal menjadi Penjabat (Pj) Bupati Banyumas 2023-2024 mendatang? Para tokoh yang diwawancara iNewsPurwokerto menyebutkan pada prinsipnya, Pj Bupati Banyumas haruslah orang yang berpengalaman, melayani masyarakat dan dikenal luas.

Salah seorang tokoh muda Muhammadiyah Nur Fauzi mengatakan diperlukan Pj Bupati yang berpengalaman dalam kedinasan, senior dan mengetahui karakteristik masyakat Banyumas. “Ini sangat penting untuk menunjang kinerja,”tegas Fauzi dalam keterangan tertulis pada Kamis (17/8/2023).

Menurutnya, Pj Bupati perlu mempunyai jiwa kepedulian sosial dan cepat dalam merespons berbagai soal. “Orang yang memiliki kepedulian sosial tinggi juga penting. Tentu saja entengan atau bahasa sekarang sat set,”jelasnya.

Sedangkan tokoh lainnya Hartono atau biasa dipanggil Tjie Hak menandaskan setidaknya adalah tiga hal yang perlu dipunyai pemimpin Banyumas. “Yakni terbuka terhadap masukan masyarakat, tidak alergi kritik dan melayani masyarakat. Ketiga hal ini penting untuk menjadi kriteria,”tegasnya.

Selain itu, lanjut Tjie Hak, juga orang yang telah berpengalaman. Sehingga nantinya akan cepat bergerak. 

Terpisah, seorang tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Banyumas, Mu’tamir mengatakan Pj Bupati haruslah orang yang berpengalaman. “Selain itu, jelas orang berpengalaman dan tahu karakteristik orang Banyumas. Karena tokoh ini bakal memimpin Banyumas, tentu saja yang mengerti persoalan-persoalan yang ada di wilayah ini,”katanya.

Dari beberapa sumber iNewsPurwokerto.id, ada tiga calon dari pejabat di Banyumas yang telah diusulkan DPRD Banyumas ke Kemendagri. Ketiganya adalah Agus Nur Hadie yang kini menjabat menjadi Asisten Umum Administrasi, Nungki Harry Rachmat, jabatan sekarang adalah Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Banyumas serta Dani Esti Novia, saat sekarang sebagai Direktur RSUD Banyumas.

"Dari tiga calon pejabat Bupati Banyumas tahun 2023-2024 mungkin hanya Pak Agus paling berpengalaman, senior, dan tahu karakteristik warga Banyumas,”katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut