get app
inews
Aa Read Next : KKN, Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto Gelar Sosialisasi Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami

Sejarah, UIN Saizu Purwokerto Kukuhkan 6 Guru Besar Sekaligus

Selasa, 22 Agustus 2023 | 13:55 WIB
header img
Sejarah tercipta di Kampus Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto pada Selasa (21/8/2023) dengan pengukuhan 6 guru besar. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Sejarah tercipta di Kampus Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto pada Selasa (21/8/2023). Sejarah itu adalah momen pengukuhan 6 guru besar sekaligus. 

Keenam guru besar yang dikukuhkan oleh Rektor UIN Saizu Prof Dr H Mohammad Roqib MAg berlangsung di Auditorium UIN Saizu. Momentum ini menjadi luar biasa karena untuk pertama kalinya, pengukuhan guru besar dilakukan secara bersamaan dan menghimpun para akademisi berprestasi.

Keenam guru besar tersebut adalah :

1. Prof. Dr. H. Abdul Wachid BS, M.Hum, Guru Besar Ilmu Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia, dengan judul orasi ilmiah "Moderasi Beragama, Melalui LiterasiSastra Indonesia di Pondok Pesantren". 2. Prof. Dr. H. Munjin, M.Pd.I., Guru Besar Bidang Pendidikan Agama Islam, dengan judul orasi ilmiah "Mentransformasi Modal Sosial Pendidikan: Identitas Muslim Modern Menuju Akselarasi Supremasi Institusi Pendidikan Islam".

3. Prof. Dr. Hj. Naqiyah, M.Ag., Guru Besar Bidang Ilmu Tafsir, dengan judul orasi ilmiah "Kurangkah Pencegahan Stunting dalam Al-Qur’an; Qira’ah Integrasi Maghza Cum Sains".

4. Prof. Dr. Hj. Khusnul Khotimah, M.Ag., Guru Besar Bidang Ilmu Akhlak dan Tasawuf, dengan judul orasi ilmiah "Aspek Feminitas dan Maskulinitas dalam Tasawuf (Mencari Harmonisasi Kedudukan Perempuan dan Laki-laki dalam Spiritualitas Islam)".

5. Prof. Dr. Kholid Mawardi, M.Ag., Guru Besar Bidang Ilmu Sejarah Kebudayaan Islam, dengan judul orasi ilmiah "Mengurangi Polarisasi yang Islami dan yang dianggap tidak Islami (Keberanian Pesantren Merangkul Kesenian Ebeg)".

6. Prof. Dr. H. Supriyanto, Lc., M.S.I., Guru Besar Bidang Filsafat Islam, dengan judul orasi ilmiah "Harmoni Filosofis dalam Tradisi Jawa Banyumasan: Perspektif Filsafat Islam".

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut