get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Alokasikan Rp9,2 Miliar Beli 154 Ribu Lebih Zak Semen

Pemkab Dorong Terus Geopark Kebumen Dikenal Internasional

Selasa, 05 September 2023 | 08:08 WIB
header img
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengungkapkan bahwa pemerintah daerah terus berupaya menjadikan Geopark Kebumen masuk dalam Unesco Global Geopark (UGGp). (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengungkapkan bahwa pemerintah daerah terus berupaya menjadikan Geopark Kebumen masuk dalam Unesco Global Geopark (UGGp). 

Saat ini, masih ada beberapa pekerjaan yang perlu dikerjakan agar Geopark Kebumen dapat dikenal secara internasional.

Menurutnya, peningkatan sarana dan prasarana merupakan hal yang penting. Ia menjelaskan bahwa fasilitas di Geopark Kebumen saat ini masih belum memadai untuk mempromosikan Geopark Kebumen secara nasional maupun internasional. Sebagai contoh, gedung Geopark Kebumen masih perlu diperbaiki agar lebih representatif. 

“Selain itu, hal-hal sederhana seperti papan petunjuk dan papan nama juga belum tersedia, begitu pula dengan infrastruktur lainnya yang merupakan bagian dari Geopark Kebumen,”kata Bupati. 

Bupati juga menjelaskan bahwa Geopark Kebumen awalnya muncul karena pengetahuan tentang ilmu bumi dan batuan di Karangsambung. Namun, untuk dapat masuk ke dalam UGGp, konsep Geopark harus lebih luas daripada sekadar batuan. 

“Geopark harus menjadi lokomotif dengan berbagai elemen yang terkait seperti geologi, pariwisata, kebudayaan, event, pendidikan, dan pemasaran,”ujarnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut