get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Kendalisada Art Festival Libatkan Lebih dari 2.000 Seniman

Rabu, 06 September 2023 | 18:08 WIB
header img
Kendalisada Art Festival Kembali Digelar, Libatkan Lebih dari 2.000 Seniman. Dok Kendalisada Art Festival

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Setelah tiga tahun vakum, Kendalisada Art Festival (KAF) kembali hadir pada akhir pekan ini, 9-10 September 2023. Suguhan event internasional berlatar budaya ini digelar di Pasar Wisata Kalisada, Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas.

Ketua panitia, Syarif Susanto, KAF tahun ini mengangkat tema "Reborn Jagad Rehwondo".Para peserta dari masyarakat desa setempat akan menampilkan berbagai kostum unik bertema kera. 

"Kalau dulu, KAF 1 itu temanya Hanoman jadi ada 1.000 Hanoman, sekarang ini para pengawalnya, yaitu rehwondo atau kera. Jadi nanti akan ada penampilan kostum kera dengan berbagai macam bentuk berdasarkan kreativitas masyarakat. Kira-kira lebih dari 1.000 orang yang terlibat," kata Syarif dalam keterangannya, Rabu (6/9/2023).

Syarif mengatakan, selain karnaval kostum kera, masyarakat juga akan menggelar grebeg gunungan hasil bumi atau Sedekah Bumi yang akan menampilkan lebih dari 1.000 takir. 

Untuk KAF tahun ini, selain dari Banyumas, akan hadir pula seniman dari berbagai negara. Diantaranya Rodrigo Parejo (Spanyol) yang membawakan performing art berjudul The Java Spring feat Lengger Rianto, Victor Hugo Hidalgo (Meksiko), Cristina Duque (Ekuador), Yuuka Koyama, Kanami, Miray Kawasima dan Kaori Okado (Jepang). 

Selain itu, hadir pula seniman Indonesia seperti Pulung Dance Yogyakarta, Iing Suryani dan Sekolah Teater Indramayu serta Rumah Lengger Banyumas.

Penggagas Kendalisada Art Festival, Rianto mengatakan jika KAF melibatkan masyarakat yang akan menampilkan lengger dan kentongan. Adapula kesenian begalan yang akan digarap secara teatrikal oleh warga Kaliori.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut