get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Pasar Tumenggungan Sunyi Sejenak Saat Gerakan Hening Cipta

Sabtu, 10 Juli 2021 | 15:38 WIB
header img
Suasana hening cipta di Pasar Tumenggungan Kebumen. (Foto: Dok Polres Kebumen)

KEBUMEN, iNews.id- Ribuan warga Indonesia telah meninggal dunia dalam pandemi Covid-19. Mereka berasal dari tenaga kesehatan, para relawan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum lainnya.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat untuk mendoakan hal terbaik bagi yang wafat karena pandemi Covid-19. Ajakan ini dikemas dalam Gerakan Hening Cipta Indonesia yang digelar serentak pada hari ini, Sabtu, 10 Juli 2021 pukul 10.07 WIB selama 60 detik.

Gerakan itu juga dilaksanakan di Kebumen, di antaranya Kasat Binmas Polres Kebumen AKP Tamzil mengajak para pengunjung pasar Tumenggungan Kebumen untuk berhenti beraktifitas sejenak mendoakan bagi yang wafat serta agar pandemi segera bisa berakhir.

Terlihat warga yang semula sibuk dengan urusannya masing-masing, setelah mendengar ajakan AKP Tamzil menggunakan pengeras suara, warga kompak berhenti dan berdoa bersama.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengungkapkan, doa adalah pelengkap ikhtiar, memohon agar pandemi segera diangkat dari dunia.

"Ikhtiar sudah kita lakukan. Melalui vaksinasi, imbauan Prokes, bagi masker, hingga penyemprotan. Setelah ikhtiar itu, sebagai umat beragama baiknya kita juga harus berdoa memohon sang pencipta," jelas Iptu Tugiman dalam keterangan tertulisnya.

Doa dipimpin langsung oleh Kyai Ali Masum Imam Masjid Polres Kebumen yang sejak pagi diajak keliling mengingatkan warga agar ikut berdoa bersama.

Dalam doa itu, Kyai Ali Masum salah satunya membacakan doa qunut. Suasana hiruk pikuk pasar, sejenak berubah khusyuk saat doa mulai dipanjatkan.

Suasana ini, sejenak membuat merinding warga yang melihat. Warga terlihat memohon penuh kepada Tuhan agar pandemi berkesudahan.

Doa qunut tak asing bagi umat Islam, kerap dibaca saat shalat shubuh maupun sunnah witir di saat bulan Ramadan.Doa qunut memiliki banyak makna, di antaranya meminta kesehatan dan keberkahan.

Kata Qunut dalam bahasa Arab memiliki akar kata qanata, yang artinya “merendahkan diri kepada Allah SWT”. Istilah qunut dapat berarti berdoa kepada Allah SWT sebagai wujud penghambaan dan ketaatan.

Garis besarnya, di samping ikhtiar dalam berbagai urusan dunia, kita tetap harus bertawakal dan berserah diri kepada Tuhan, sebagai penentu hasil akhir dari semua yang akan terjadi kepada kita, baik itu di dunia maupun di akhirat nanti.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut