get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pertemuan Sunan Kalijaga dan Bandit Rampok Madura, Terkejut Bisa Membaca Isi Hati

Cerita Rompi Ontokusumo Sunan Kalijaga Kalahkan Nyi Roro Kidul hingga Memeluk Islam

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:37 WIB
header img
Sunan Kalijaga pernah berhasil menaklukan penguasa pantai selatan, Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul hingga memeluk Islam. (Foto : Tangkapan layar media sosial).

JAKARTA, iNews.id - Kesaktian Sunan Kalijaga sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat Indonesia. Khususnya di pulau Jawa, Sunan Kalijaga dikenal sebagai salah satu anggota wali songo yang memiliki ilmu kanuragan dan ilmu bathin yang tinggi sebagai karomah yang diberikan Allah SWT.

Terdapat banyak cerita di masa lampau mengenai kekuatan saktinya itu. Salah satunya disebutkan bahwa Sunan Kalijaga pernah berhasil menaklukan penguasa pantai selatan, Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul hingga memeluk Islam.

Kesaktian mandraguna Sunan Kalijaga tidak lepas dari sejumlah benda-benda sakral yang dia miliki. Salah satu yang cukup terkenal adalah Rompi Ontokusumo.

Rompi ini merupakan salah satu benda yang membantunya menaklukan penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Hal ini bahkan sampai membuatnya memeluk Islam.

Saat itu, sedang terdapat wabah penyakit yang melanda di daerah Pantai Selatan. Menurut kepercayaan di masa itu, hujan lebat membawa malapetaka bagi penduduk sekitar.

Sunan Kalijaga berusaha melawan penyakit-penyakit yang bersumber dari sang Ratu itu. Dan akhirnya, Sunan Kalijaga bertempur melawan penguasa Pantai Selatan.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut