get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka: Capaian dan Komitmen yang Perlu Diapresiasi

Kemendikbudristek Gelar Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia, Wadah Pengembangan Prestasi

Selasa, 07 November 2023 | 17:54 WIB
header img
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek menggelar Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2023 jenjang SMP dan SMA. Foto: Dok Kemendikbudristek

JAKARTA, iNewsPurwokerto.idPusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek menggelar Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2023 jenjang SMP dan SMA. OPSI 2023 ini berlangsung sejak tanggal 6-11 November 2023, di Jakarta untuk pertama kalinya secara luring setelah tiga tahun dilaksanakan secara daring akibat pandemi COVID-19.

OPSI 2023 ini merupakan salah satu ajang talenta yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek bagi peserta didik SMP/MTs dan SMA/MA sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian siswa yang mandiri dan tangguh.

Kegiatan penelitian dinilai dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Maria Veronica Irene Herdjiono, mengatakan jika OPSI 2023 adalah salah satu agenda ajang talenta yang sangat strategis dalam membangun kompetensi generasi muda. Menurut Maria, hal tersebut terlihat dalam tiga hal, diantaranya OPSI 2023 adalah perwujudan nyata dari Implementasi Merdeka Belajar yang sangat mengandalkan proses pembelajaran project-based learning.

“Karya adik-adik semua yang terpilih, saya yakin adalah hasil dari proses pembelajaran yang memperkuat daya kritis-analitis dan sekaligus belajar untuk peduli terhadap persoalan yang ada di lingkungan terdekat dan mencari solusinya secara ilmiah,” kata Maria Veronica saat membuka OPSI 2023 di Universitas Tarumanegara, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Selanjutnya, Maria juga mengatakan jika OPSI 2023 adalah instrumen katalisator penting untuk mengidentifikasi potensi talenta di bidang riset dan inovasi yang telah menjadi bagian dari grand design Manajemen Talenta Nasional (MTN) bagi peserta didik. “Suatu saat saya yakin di antara kalian ada yang akan menjadi pembaharu, inventor masa depan Indonesia, bahkan menjadi peraih nobel,” tambahnya.

Maria menjelaskan, melalui gelaran OPSI 2023 ini juga menjadi ajang untuk memperkuat karakter Pelajar Pancasila yang cerdas, tangguh, dan cinta tanah air. Ia berharap, dengan OPSI 2023, talenta-talenta pilihan dari seluruh Indonesia dapat dipertemukan dan berkesempatan untuk saling mengenal, saling menghargai prestasi dan menjalin persahabatan dan belajar membangun kolaborasi.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut