get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini Capres Ganjar Pranowo Sambangi Banyumas dan Cilacap

Begini Analisis Pakar Mikro Ekspresi Menilai Debat Para Capres, Ada yang Menyentuh Hati

Rabu, 13 Desember 2023 | 07:39 WIB
header img
Debat perdana ini melibatkan tiga pasang calon presiden, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. (Foto: iNews.id)

Sementara untuk Capres nomor 2, Prabowo, Poppy melihat adanya ketegasan dari pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, yang akan memberantas korupsi hingga ke akar-akarnya.

"Prabowo-Gibran, kita akan perbaiki yang harus diperbaiki, tegakkan apa yang harus ditegakkan, dan kita bertekad memberantas korupsi sampai ke akar," kata Prabowo.

Poppy melihat bahwa ketika Prabowo berbicara dan menggerakkan seluruh tubuhnya, itu menandakan penekanan dalam pernyataannya.

"Dan intonasi yang naik itu juga menggambarkan bahwa hal tersebut menjadi perhatian. Bagi pak Prabowo, masalah ini sangat penting dan berarti baginya. Dan itu tampak sangat berapi-api," ujarnya.

Adapun untuk Ganjar, Poppy menilai bahwa ia menunjukkan gesture yang ditujukan saat berbicara tentang ketidakmeratanya akses di Indonesia, menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap hal tersebut.

"Ketika beliau (Ganjar) berbicara 'libatkan kami,' itu menyentuh hati. Dan perasaan itu diletakkan di hati, bukan hanya di hati. Jika kita berbicara tentang ketulusan, itu menunjuk pada organ tubuh jantung," kata Poppy.

Poppy juga mencatat pernyataan Ganjar yang beberapa kali menyebutkan 'masyarakat' dengan melihat adanya kerutan di pinggir mata Ganjar.

"Ada kerutan di pinggir mata, bukan karena usia, melainkan itu menggambarkan kebahagiaan. Jadi jika seseorang tersenyum tanpa kerutan di mata, itu tersenyum palsu," katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut