get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi UIN Saizu Purwokerto Masuk Nominator Duta Baca Jawa Tengah

Deretan Jurusan Kuliah yang Cocok buat Kamu yang Hobi Menulis

Sabtu, 05 Februari 2022 | 18:44 WIB
header img
Ilustrasi menulis. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Memilih tempat atau jurusan kuliah biasanya didasarkan pada minat dan kesukaan seseorang. Ketika memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat, pastinya akan membuat orang tersebut bersemangat dalam menjalani proses perkuliahah sehingga hasil yang dicapai pun akan maksimal.

Nah! Bagi yang hobi menulis, ada beberapa pilihan jurusan yang menarik. Ini jurusan kuliah untuk orang yang hobi menulis.

• Sastra

Di jurusan sastra, mahasiswa akan belajar mengenai linguistik, bahasa asing, dan pengkajian cerita anak. Selain itu, dipelajari pula tentang wacana kritis dan analisis. Bukan hanya teori, mahasiswa di jurusan sastra juga akan banyak praktik menulis beberapa karya sastra seperti cerita pendek dan puisi.

• Broadcast (Film dan Penyiaran)

Jurusan ini akan mempelajari jurnalistik, teknik menulis berita, teknik reportase, serta penulisan naskah film dan TV. Mahasiswa jurusan broadcast memiliki banyak kesempatan untuk menulis, mulai dari menulis naskah, naskah berita, dan naskah teater atau drama. Prospek lulusan ini bisa menjadi seorang jurnalis, script writer, dan sutradara.

• Penerbitan

Jurusan penerbitan mungkin belum terdengar familiar bagi sebagian orang karena jurusan ini di Indonesia hanya ada di politeknik saja. Di jurusan penerbitan, mahasiswa akan belajar mengenai berbagai dunia kepenulisan, mulai dari menulis artikel, berita, opini, cerita pendek, hingga novel. Jurusan ini lebih banyak melakukan praktik dibandingkan teori, sehingga hobi menulis akan tersalurkan dengan baik.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut