get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

17 Makanan Khas Banyumas, Ada yang Bisa Dipesan Online!

Selasa, 27 Februari 2024 | 21:30 WIB
header img
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Banyumas. Foto : Elde Joyosemito.

5. Kripik Tempe


Kripik Tempe.Foto: Ist

 

Keripik Tempe, salah satu makanan khas Banyumas yang tak pernah ketinggalan diburu sebagai oleh-oleh. Kripik tempe yang lezat ini dibuat dengan cara diiris dengan sangat tipis, setelah itu diberi adonan tepung dengan bumbu khusus, lalu digoreng garing. Saking tipisannya, kerenyahan kripik tempe tak ada bandingannya.

6. Dage


Dage makanan khas Purwokerto. dok Cookpad

 

Dage adalah makanan khas Banyumas dengan varian tempe yang memiliki campuran bahan ampas kelapa digumpalkan dan dijamurkan. Dage ini biasanya diolah lagi menjadi oseng dengan campuran cabai merah dan hijau serta kecambah. Namun adapula dage yang sudah diolah menjadi keripik serupa keripik tempe dan memiliki rasa yang nikmat dan lezat.

7. Tempe Mendoan


Tempe mendoan sambal kecap. Foto: Instagram/@intankarinaijo

 

Tempe mendoan merupakan makanan khas Banyumas yang menjadi primadona. Makanan ini paling enak dijadikan camilan sore ketika hujan turun dengan berteman kopi panas. Mendoan juga bisa dijadikan sebagai lauk makan dengan ditambahkan kecap cabai hijau.

Saat ini juga terdapat tempe mendoan siap olah yang dijual dengan paket khusus berisikan sejumlah bungkus tempe mentah lengkap dengan tepung berbumbu dan sambal kecap untuk cocolan. Dalam paket khusus tersebut juga sudah disertakan cara mengolah makanan khas Banyumas ini menjadi mendoan goreng yang enak.

8. Kraca


Olahan keong sawah atau 'kraca' menu incaran warga Banyumas. Foto: Agustinus Yoga Primantoro

 

Kraca adalah makanan khas Banyumas dan unik, biasanya makanan khas Banyumas ini dapat kalian temukan saat bulan puasa, kalian dapat menemukan makanan khas ini disepanjang jalanan Kota Purwokerto. Kraca merupakan keong sawah yang diolah dengan bumbu-bumbu racikan khusus, sehingga menghasilkan kuah yang sangat gurih, karena daging keong yang kenyal tersebut direndam dalam bumbu racikan khusus. Salah satu makanan khas Banyumas ini wajib kalian coba, dijamin kalian pasti akan ketagihan.

9. Soto Sokaraja


Resep Soto Sokaraja Foto: @mariaulfah1357

 

Soto Sokaraja menjadi makanan khas Banyumas yang wajib dicoba saat di Purwokerto. Soto Sokaraja ini diracik dengan suwiran daging ayam atau daging sapi dengan kaldunya yang bening berpadu taoge dan suun.

Soto ini biasanya disajikan dengan sambal kacang dan kerupuk kanji merah sebagai taburan. Makanan khas Banyumas ini sangat enak dimakan hangat dengan tambahan lontong atau ketupat. Makanan khas Banyumas ini biasa dinikmati dengan tambahan kecap manis.

10. Tegean

Makanan khas Banyumas yang satu ini merupakan kuliner rumah makan tradisional di Purwokerto. Tegean merupakan makanan sop sayur kuah bening dengan bayam, daun katuk, kecambah, kedelai hitam, wortel, dan jagung. Biasanya makanan ini disajikan bersama nasi yang disiram sop sayuran ini, sangat lezat dimakan ketika hangat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut