get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

17 Makanan Khas Banyumas, Ada yang Bisa Dipesan Online!

Selasa, 27 Februari 2024 | 21:30 WIB
header img
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Banyumas. Foto : Elde Joyosemito.

11. Buntil

Makanan khas Banyumas yang satu ini dibuat dari daun singkong, daun talas, atau daun pepaya yang digulung dan diikat berbentuk bulat. Didalamnya terdapat kelapa muda yang diparut dan diberi ikan teri serta kuah santan bumbu gurih pedas. Dikukus hingga lembut, rasanya pedas gurih bikin nagih. Makanan ini banyak ditemui di tempat makan tradisional yang ada di Purwokerto.

12. Kluban

Makanan khas Banyumas berikutnya adalah Kluban. Jika dibeberapa daerah dikenal dengan sebutan urap sayuran, yang berisi berbagai jenis sayuran dipilih sesuai selera. Didalam kluban sendiri terdapat berbagai sayuran diantaranya daun bayam, daun kangkung, daun kenikir, taoge, kacang panjang dan lainnya. Diaduk dengan kelapa parut setengah tua yang diberi bumbu cabai, disajikan segar dan gurih.

13. Templek

Templek merupakan makanan yang terbuat dari ampas tahu yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas. Gorengan templek memiliki cita rasa yang gurih dan asin, cocok dipadukan dengan nasi hangat.

14. Lupis

Selanjutnya adalah lupis. Masyarakat sering kali memburu makanan khas Banyumas bercita rasa manis ini di pasar tradisional Purwokerto. Lupis disajikan dengan parutan kelapa dan juga gula cair.

15. Cenil

Cenil yaitu makanan tradisional yang sangat terkenal diberbagai kalangan. Penyajiannya sama seperti penyajian pada makanan lupis yaitu dengan gula jawa cair dan parutan kelapa. Yang membuatnya unik, cenil biasanya dibuat dengan warna yang berbeda-beda.

16. Combro


combro Foto: Ist

 

Combro merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong dengan isian oncom atau tempe yang sudah dihaluskan. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Banyak sekali penjaja combro di Purwokerto. Bahkan saat ini tersedia keripik combro agar bisa disimpan lebih lama.

17. Wajik

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan legit. Wajik terbuat dari ketan yang diolah menggunakan gula merah. Namun saat ini sudah bnayak inovasi dari makanan khas ini menjadi berbagai macam variasi.

Itulah beberapa makanan khas Banyumas yang diantaranya dapat dipesan secara daring. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut