get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

17 Makanan Khas Banyumas, Ada yang Bisa Dipesan Online!

Selasa, 27 Februari 2024 | 21:30 WIB
header img
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Banyumas. Foto : Elde Joyosemito.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Purwokerto selain dijuluki kota Satria juga memiliki julukan sebagai Kota Mendoan. Ibu Kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini memang terkenal dengan kuliner tempe mendoan yang lezat.

Makanan khas Banyumas ini kerap menjadi incaran pelancong saat bertandang ke Purwokerto. Terlebih, sayang sekali jika datang ke kota ini tanpa mencoba makanan khas Banyumas yang beraneka ragam.

Nah, buat yang rindu berat atau penasaran dengan makanan khas Banyumas dan Purwokerto, ada sejumlah pilihan makanan khas Banyumas yang dapat kalian pesan melalui aplikasi online. Berikut 17 makanan khas Banyumas yang dirangkum iNewsPurwokerto.id dari berbagai sumber, Selasa (27/2/2024).

Makanan Khas Banyumas

1. Getuk Goreng Sokaraja

Getuk goreng Sokaraja, salah satu beragam makanan khas Banyumas. Getuk goreng terbuat dari bahan dasar singkong dan tambahan gula jawa. Masyarakat Banyumas biasa menyebutnya dengan nama "Boled". Makanan dengan rasa yang manis dan gurih ini, tersedia di aplikasi online 

2. Nopia


Pembuatan Nopia, salah satu makanan khas Banyumas yang masih dikerjakan dengan cara tradisional. Foto: Elde Joyosemito

 

Nopia adalah makanan khas Banyumas yang berbentuk kue kering dan terbuat dari adonan tepung terigu berisikan gula jawa. Kue kering ini memiliki tekstur kulit yang renyah pada bagian luarnya.

Nopia di Banyumas dibuat dengan cara tradisional menggunakan tungku tanah liat. Cara memasaknya pun sangat unik, nopia dimasak dengan cara ditempelkan pada sisi dinding tungku tradisional, sehingga tungku tersebut berfungsi layaknya pemanggang oven. Makanan khas Banyumas ini juga tersedia di aplikasi belanja online.

3. Klanting

Klanting adalah salah satu camilan tradisional yang memiliki rasa gurih, makanan khas dengan bentuk mirip dengan anting ini terbuat dari bahan singkong yang diparut dan diperas airnya. Setelah itu bahan-bahan tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu dan digoreng hingga rasanya enak dan gurih. Makanan khas Banyumas ini juga dapat kalian kamu beli di aplikasi belanja online.

4. Jenang Jaket


Jenang Jaket. Foto: Mygriyahotel.com

 

Jenang jaket, adalah makanan khas Banyumas yang kerap diburu saat hari raya lebaran tiba, banyak masyarakat yang membeli makanan khas ini sebagai oleh-oleh. Namun, makanan khas Banyumas yang kenyal dan manis gula jawa ini juga kerap diburu saat ada acara pernikahan.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut