get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Sederet Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Cocok Dibagikan ke Rumah Sanak Saudara

Kamis, 10 Februari 2022 | 18:43 WIB
header img
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto : Elde Joyosemito).

Cenil

Cenil yaitu makanan tradisional yang sangat terkenal diberbagai kalangan. Penyajiannya sama seperti penyajian pada makanan lupis yaitu dengan gula jawa cair dan parutan kelapa. Yang membuatnya unik, cenil biasanya dibuat dengan warna yang berbeda-beda.

Combro


combro (Foto: Ist)

Combro merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong dengan isian oncom atau tempe yang sudah dihaluskan. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Banyak sekali penjaja combro di Purwokerto. Bahkan saat ini tersedia keripik combro agar bisa disimpan lebih lama.

Templek

Templek merupakan makanan yang terbuat dari ampas tahu yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas. Gorengan templek memiliki cita rasa yang gurih dan asin, cocok dipadukan dengan nasi hangat. Harganya juga murah-meriah.

Es Badeg

Es badeg adalah minuman khas Purwokerto yang terbuat dari sari bunga kelapa yang memiliki rasa yang segar dan manis. Proses pembuatannya adalah dengan cara difermentasi selama satu sampai dua hari. Es badeg cocok dijadikan buah tangan karena harganya yang sangat murah yaitu dikisaran Rp. 3.000an.

Dage


Dage makanan khas Purwokerto (dok Cookpad)

Dage terbuat dari ampas tahu dengan cita rasa yang tidak kalah enak dari tempe. Biasanya dage disajikan dengan cara di goreng seperti mendoan atau dibuat menjadi keripik tempe dage. Anda dapat menemukan makanan ini di seleuruh penjuru kota Purwokerto.

Jenang Jaket


Jenang Jaket (Foto: Mygriyahotel.com)

Jaket merupakan singkatan dari jenang asli ketan. Jenang jaket memiliki tekstur yang hampir sama dengan dodol dan memiliki cita rasa yang manis. Cocok sekali untuk dijadikan buah tangan jika anda datang ke Purwokerto.

Wajik

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan legit. Wajik terbuat dari ketan yang diolah menggunakan gula merah. Namun saat ini sudah bnayak inovasi dari makanan khas ini menjadi berbagai macam variasi.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut