Logo Network
Network

Sederet Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Cocok Dibagikan ke Rumah Sanak Saudara

MPI
.
Kamis, 10 Februari 2022 | 18:43 WIB
Sederet Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Cocok Dibagikan ke Rumah Sanak Saudara
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto : Elde Joyosemito).

PURWOKERTO dijuluki sebagai Kota Mendoan. Ya, Ibu Kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini memang terkenal dengan kuliner tempe mendoan yang enak. Bahkan menjadi oleh-oleh khas bagi traveler jika berkunjung ke Purwokerto.

Dalam artikel kali ini akan membahas oleh-oleh khas Purwokerto ini wajib anda datangi ketika bertandang ke Purwokerto. Tentunya tidak afdal jika mengunjungi suatu kota tanpa mampir ke tempat oleh-oleh untuk membeli jajanan khasnya.

Kota Purwokerto memiliki banyak kuliner khas dengan cita rasa yang nikmat. Rasanya sayang sekali jika anda datang ke kota ini tanpa membawa oleh-oleh untuk dibagikan ke sanak saudara di rumah. Selain itu, souvenir dan kerajinan tangannya juga tidak kalah unik, loh.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi 18 oleh-oleh khas Purwokerto yang wajib anda kunjungi.

Gethuk Goreng

Cemilan yang satu ini menjadi primadona untuk dijadikan oleh-oleh. Gethuk goreng terbuat dari singkong dan gula merah yang digoreng hingga kecoklatan. Rasanya legit dan manis. Saat ini sudah banyak inovasi dari gethuk goreng, ada yang rasa coklat hingga durian. Anda dapat menemukan gethuk goreng di sepanjang jalan Sokaraja dengan harga mulai dari Rp15.000-an

Keripik Tempe


Kripik Tempe (Foto: Ist)

Oleh-oleh dari olahan tempe ini tak kalah lezat dari gethuk goreng. Teksturnya renyah dan memiliki cita rasa yang gurih. Anda bisa menemukan keripik tempe di toko penjual oleh-oleh di sepanjang jalan Sokaraja.

Klanting Khas Purwokerto

Olahan lain dari singkong selain gethuk adalah klanting. Klanthing khas Purwokerto ini memiliki bentuk yang mirip dengan angka delapan. Rasanya gurih dan sangat lezat. Anda dapat memperolehnya di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp12.000-an.

Nopia


Proses pembuatan Nopia, makanan khas Banyumas. (Foto : Aryo Rizqi).

Nopia atau bahasa lokalnya disebut sebagai ndog bulus atau telur kura-kura karena berwarna putih dan mirip telur. Nopia dibuat menggunakan terigu dengan isian gula merah. Cara pembuatannya tidak digoreng melainkan dipanggang dengan tungku.

Mendoan

Mendoan merupakan makanan khas dan paling favorit dari kota Purwokerto. Mendoan bisanya disajikan bersama cabe rawit atau sambal kecap dan lebih enak disajikan ketika masih hangat.

Lumpia Boom

Lumpia dengan bentuk yang cukup jumbo ini memiliki isian yang beragam, anda dapat memesannya sesuai selera. Anda dapat menemukan outlet Lumpia Boom diberbagai tempat di Purwokerto dengan harga yang cukup murah.

Lupis

Selanjutnya adalah lupis. Wisatawan sering kali memburu makanan bercita rasa manis ini di pasar tradisional Purwokerto. Lupis disajikan dengan parutan kelapa dan juga gula cair.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini