get app
inews
Aa Read Next : Puhua Gelar Kompetisi Jembatan Bahasa dan Budaya Mandarin Chinese Bridge se-Jateng

Memasuki Usia ke-118, Sekolah 3 Bahasa Putera Harapan Luncurkan 4 Maskot

Jum'at, 26 April 2024 | 12:50 WIB
header img
Bertepatan dengan ulang tahun yang ke-118 pada 26 April, Sekolah 3 Bahasa Putera Harapan meluncurkan empat maskot sekolah Puhua. (Foto: iNewsPurwokerto)

Maskot Puhua diluncurkan dengan ditandai pelepasan balon gas sejumlah 118 buah yang membawa 4 karakter maskot oleh Pj Bupati, Rektor UMP, pengurus yayasan dan pengelola Sekolah Putera Harapan.

Pj Bupati Hanung mengapresiasi Sekolah Tiga Bahasa Putera Harapan yang ternyata benar-benar melayani semuanya. Sekolah tersebut telah menanamkan persatuan dan kesatuan, karena para siswa terdiri dari beragam etnis dan agaman. "Saya sangat mengapresiasi adanya kebhinnekaan di sekolah ini. Meski para siswa memiliki latar belakang agama dan etnis berbeda, tetapi mereka tetap menyatu,"tandasnya.

Sekolah 3 Bahasa Putera Harapan telah menjadi sekolah multikultur dalam menjaga semangat toleransi dalam keberagaman tumbuh subur dalam lingkungan sekolah. Peresmian maskot ini dilakukan tepat pada usia sekolah di bulan April 2024 memasuki tahun ke-118.

Mengusung semangat “Puhua 118 Tahun Tumbuh dalam Kesatuan Bangsa dan Konstruksi Multikultural Indonesia” peluncuran maskot diiringi dengan ketegasan Puhua School menempatkan seni, budaya, dan olahraga menjadi bagian dari pembangunan karakter dan
mental dalam dunia pendidikan yang mendorong toleransi dalam keberagaman demi terciptanya persatuan dan kedamaian hidup berbangsa sebagai dasar kemajuan bagi NKRI tercinta.

Hasilnya adalah deretan penampilan kolaborasi dua budaya Tionghoa dan Banyumas tampil spektakuler. Mulai dari pembukaan barongsai bersama lengger dan calung berkolaborasi dalam satu panggung. Lalu alunan musik Bengawan Solo karya Gesang mengalun indah melalui dua alat musik petik khas Tiongkok bernama Zhong Ruan dan Liu Qin dan dimainkan salah satu siswa yang juga memperoleh juara internasional ketika menampilkan kesenian yang sama di sebuah kompetisi dunia Huayin Feiyang 2023 lalu.

Peresmian maskot juga dibarengi dengan penampilan kolaborasi 20 barongsai yang terdiri dari Klub Barongsai Puhua, Singa Timur, Unsoed, Putra Mandiri Purbalingga dan Kesenian Lengger dari Rumah Lengger Banyumas. Dua puluh barongsai akan mengadakan atraksi membentuk angka 118 dengan satu liong yang akan dipertunjukkan atraksinya oleh 10 siswa Puhua.

Di dalam acara ini pula dilakukan penandatanganan MoU kerjasama Sekolah Puhua dengan Hebei University Tiongkok, Minjiang University Tiongkok, dan Bina Nusantara University. MoU langsung ditandatangani oleh Han Huiling Rektor Baoding University Tiongkok, juga Chen Qiang selaku Wakil Rektor Minjiang University dan Bambang Widjanarko selaku Direktur Bina Nusantara Semarang. Hadir pula Profesor Guo Fuliang, Dekan Fakultas College of International Exchange and Education Hebei University Tiongkok yang dikukuhkan sebagai konsultan akademik Sekolah Puhua dan sekolah sekolah anggota PERSTIBI.

PERSTIBI atau Perkumpulan Sekolah 3 Bahasa se-Indonesia turut hadir dari 22 sekolah dari 80 sekolah anggota PERSTIBI baik dari Jakarta, Tangerang, Jember, Magelang, Tegal, Solo, Yogyakarta, Semarang, Madiun, Lumajang, Banjarmasin, Medan dan Bali hadir di acara ini.

Ketua PERSTIBI Yudi Sutanto sekaligus sebagai Ketua Yayasan Putera Harapan Banyumas (Puhua School) sehari sebelumnya menyelenggarakan pelatihan bagi sekolah-sekolah 3 bahasa se Indonesia bertema Maritime Silk Road Chinese Teacher Training Course tanggal 25-26 April 2024 di Sekolah Puhua. Pelatihan ini mencakup target peningkatan mutu guru Pendidik Mandarin di sekolah-sekolah 3 bahasa di Indonesia.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut