get app
inews
Aa Read Next : Apakah Menangis hingga Keluar Air Mata Membatalkan Puasa?

Manfaat Menangis bagi Kesehatan, Seperti Lirik Lagu Air Mata dari Dewa

Jum'at, 18 Februari 2022 | 19:59 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUKAN rahasia lagi bahwa tangisan bisa terasa sangat melegakan. Seperti sepenggal lirik dari lagu Air Mata yang dinyanyikan oleh grup band Dewa dibawah ini. 

Menangislah bila harus menangis
Karena kita semua manusia 
Manusia bisa terluka, manusia pasti menangis, 
dan manusia pun bisa mengambil hikmah

Sebagai manusia, wajar jika Anda menangis, baik pria maupun wanita. Apalagi, menangis banyak manfaatnya.

Meskipun pada awalnya Anda mungkin merasa lelah setelah air mata berhenti mengalir, karena menangis telah lama dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan fisik dan mental.

Ini termasuk penghilang stres, meningkatkan suasana hati Anda, detoksifikasi tubuh dan melepaskan endorfin atau bahan kimia untuk dapat merasakan perasaan yang lebih baik.

Menangis adalah cara alami tubuh untuk mengatasi rasa sakit dan emosi. Namun praktik menangis setiap orang berbeda, dan penelitian masih berlangsung. Tampaknya menangis sangat membantu menenangkan seseorang bila disertai dengan dukungan dan kenyamanan dari luar.

Menangis terlalu banyak atau tidak terkendali dapat menjadi gejala kondisi kesehatan fisik atau mental yang lebih serius. Mengenai kesehatan mental, peningkatan tangisan mungkin merupakan tanda Anda membutuhkan lebih banyak dukungan saat ini.

Angie Seelal, PA-C, dari Advanced Dermatology PC mengatakan, menggosok mata atau menggunakan tisu tertentu untuk menyeka wajah dapat memengaruhi kulit dan menyebabkan peradangan, menggelapkan kulit, bahkan mengiritasi jerawat dalam beberapa kasus.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut