get app
inews
Aa Read Next : Keren, Kebumen Raih Penghargaan Pengelolaan Arsip Terbaik Nasional dengan Predikat AA

Sukses Kendalikan Inflasi, Pemkab Kebumen Peroleh Penghargaan TPID Berprestasi

Sabtu, 15 Juni 2024 | 08:02 WIB
header img
Pemkab Kebumen menerima penghargaan TPID Kabupaten Kota Berprestasi Kawasan Jawa Bali 2024. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Upaya Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam menekan inflasi telah mencapai keberhasilan yang luar biasa. Atas prestasinya, Pemkab Kebumen menerima penghargaan TPID Kabupaten/Kota Berprestasi Kawasan Jawa Bali 2024 dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih, dalam acara Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 di Istana Negara, Jumat (14/6/2024).

Wabup Rista menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya menekan inflasi di Kebumen, khususnya kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Ia menyebutkan bahwa indeks perkembangan harga (IPH) di Kebumen berangsur-angsur turun.

"Kita tahu dalam 10 tahun terakhir Indonesia mengalami inflasi yang luar biasa, seperti halnya negara-negara lain yang terdampak perubahan iklim dan peperangan di Barat serta Timur Tengah yang hingga kini belum usai. Dampaknya juga dirasakan di daerah, di mana harga-harga bahan kebutuhan pokok melambung tinggi," ujar Wabup Rista.

Wabup Rista menyebut bahwa kenaikan harga di Kebumen mencapai puncaknya pada November 2023 dengan angka 5,2 persen. Namun, perlahan turun menjadi 1,38 persen pada Desember 2023.

"Pada tahun 2024, IPH Kebumen cenderung stabil dan lebih rendah dari daerah sekitarnya. Kita berharap harga kebutuhan pokok di Kebumen terus stabil, dan TPID Kebumen dapat terus melakukan upaya untuk menekan inflasi," tutur Wabup Rista.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kebumen, Purnowati, menambahkan bahwa untuk menekan inflasi atau kenaikan harga, Pemkab Kebumen telah melakukan berbagai upaya, antara lain melaksanakan Gerakan Pangan Murah secara masif, melakukan operasi pasar secara rutin, memberikan subsidi harga pangan strategis kepada konsumen, toko SPHP, dan BUMD.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut