get app
inews
Aa Read Next : Kabar Gembira untuk para Mahasiswa, Pemerintah Akhirnya Batalkan Kenaikan Uang Kuliah Tunggal

Mahasiswa UMP Ciptakan Kursi Pijat Oksitosin Inovatif untuk Ibu Menyusui

Rabu, 10 Juli 2024 | 17:30 WIB
header img
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membuat inovasi kursi pijat untuk ibu menyusui melalui Program Kreativitas Mahasiswa - Karsa Cipta (PKM-KC) 2024. Foto: Dok UMP

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membuat inovasi kursi pijat untuk ibu menyusui melalui Program Kreativitas Mahasiswa - Karsa Cipta (PKM-KC) 2024. Tim mahasiswa dari berbagai program studi Keperawatan, Laboratorium Medik, dan Teknik Elektro ini berhasil menciptakan prototipe inovatif bernama Breastfeeding Oxytocin Massage Chair atau "BOMASIR".

Septi Tri Rahayu, Ketua Tim BOMASIR mengatakan jika BOMASIR dirancang dengan posisi ergonomis, yang dapat membuat tubuh ibu dan bayi berada dalam posisi netral. Hasil inovasi kursi untuk ibu menyusui ini juga cilengkapi dengan terapi akupresur sekitar di area sandaran punggung, tujuannya adalyuntuk memberikan pijatan yang menyenangkan dan efektif.

“Kami berinisiatif mengembangkan kursi menyusui menjadi kursi pijat dengan fitur tambahan pijatan dan musik sebagai terapi relaksasi," kata Septi kepada wartawan di Purwokerto, Rabu (10/7/2024).

Sementara menurut Ferry, salah satu anggota tim BOMASIR mengatakan jika pembuatan mekanik alat ini bekerjasama dengan dosen Elektromedis UMP. Di mana mekanisme dari alat ini sendiri telah melalui tahapan uji alat dan uji fungsi sebelum digabungkan dengan kursi yang didesain khusus. 

“Kursi ini dilengkapi tombol kontrol untuk mengatur pijatan dan dua speaker Bluetooth di lengan atas kursi," tambahnya.

Sementara menurut Dosen pembimbing para mahasiswa, Ninuk Angelia menjelaskan jika inovasi ini untuk menjawab tantangan terkait kebutuhan pijat oksitosin yang biasanya dilakukan secara manual oleh tenaga profesional seperti perawat. Menurut Ninuk, pijat oksitosin dapat memberikan manfaat bagi ibu menyusui, seperti meningkatkan produksi ASI, melancarkan ASI, dan memberikan rasa nyaman. 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut