get app
inews
Aa Read Next : POG 2024, Cara Puhua untuk Merawat Keberagaman

Semakin Dekat dengan Masyarakat Purwokerto Melalui Layanan BPJS Keliling

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 12:53 WIB
header img
BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto menghadirkan BPJS Keliling untuk layanan yang lebih dekat dengan masyarakat. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Layanan publik yang efisien merupakan suatu hal yang nyata dibutuhkan masyarakat. Menjawab tantangan ini, BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto menghadirkan BPJS Keliling untuk layanan yang lebih dekat dengan masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Niken Sawitri menjelaskan BPJS Keliling merupakan pelayanan administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditujukan untuk meningkatkan kemudahan akses dan keterjangkauan layanan. BPJS Keliling dilaksanakan melalui pengoperasian Mobile Customer Service (MCS) sehingga mampu memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang berdomisili jauh dari lokasi kantor BPJS Kesehatan.

“BPJS Keliling tujuannya untuk mendekatkan dan meningkatkan layanan kepada peserta JKN. Konsepnya jemput bola dan sebagai media promosi serta corporate branding kepada masyarakat luas,” kata Niken.

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa masyarakat dapat memanfaatkan beragam layanan administrasi kepesertaan yang disediakan BPJS Keliling. Layanan tersebut meliputi pendaftaran Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), penambahan anggota keluarga, perubahan identitas, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal dunia, dan pemberian informasi lainnya.

“Kalau untuk BPJS Keliling ini sudah rutin dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jumat di lokasi yang sudah ditentukan. BPJS Keliling dilaksanakan dengan frekuensi minimal 20 kegiatan per bulan dengan durasi waktu pelayanan minimal dua jam per lokasi. Pelaksanaan BPJS Keliling diprioritaskan di kantor pemerintahan, puskesmas, pasar, atau pusat keramaian lainnya,” ucap Niken.

Layanan BPJS Keliling telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah kerja BPJS Kesehatan. Salah satunya seperti yang disampaikan Nuri Karsini (35) seorang peserta JKN dari Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang Banyumas.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut