get app
inews
Aa Read Next : Rewandha Bojana, Festival Pesta Kera yang Jadi Daya Tarik Wisata di Banyumas

10 Warga yang Tunggu Hasil Swab PCR Dipantau Ketat

Sabtu, 15 Mei 2021 | 18:04 WIB
header img
Satgas Covid-19 mengevakuasi warga yang positif Covid-19 di Desa Danaraja, Banyumas. (Foto: Dok Pemkab Banyumas)

BANYUMAS, iNews.id- Sebanyak 10 warga Desa Danareja, Kecamatan Banyumas masih menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing sambil menunggu hasil tes swab PCR, apakah positif Covid-19 atau tidak. Sedangkan 23 warga lainnya telah dibawa ke Pondok Slamet Baturraden untuk dikarantina, sementara 3 lainnya dibawa ke RSUD Banyumas.

Camat Banyumas Abdul Kudus mengatakan Satgas Covid-19 Kecamatan Banyumas melakukan pemantauan ketat terhadap 10 warga yang belum diketahui positif atau negatifnya, tetapi mereka merupakan kontak erat. “Untuk sementara mereka isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan dari Tim Satgas Covid-19,”kata Camat pada Sabtu (15/5/2021).

Dijelaskan oleh Camat, 10 warga yang melakukan isolasi mandiri merupakan kontak erat dari puluhan warga yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Di sisi lain, pihaknya bersama dinas terkait melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dan tempat ibadah. “Hari ini dilakukan penyemprotan disinfektan, besok juga. Penyemprotan merata di sekitar desa setempat,”ujarnya.

Sebetulnya warga telah melaksanakan karantina mandiri sejak tanggal 12-15 mei 2021, namun dalam pelaksanaannya  tidak efektif sehingga  dilanjutkan dikarantina di Pondok Slamet Baturraden. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi

Seperti diketahui,  26 warga Desa Danaraja, terkonfirmasi positif Covid-19. Kasus ini sendiri pertama kali diketahui sekitar empat hari lalu dimana terdapat satu warga diduga terkonfirmasi Covid-19, kemudian menyebar hingga dilakukan isolasi mandiri. Sebanyak 23 warga Desa Danaraja tersebut dijemput dengan menggunakan satu bus milik Dinas Perhubungan.

Selain itu, ada tiga warga lainnya yang terkonfirmasi positif covid-19 merupakan komorbid dan bergejala, sehingga ketiga warga tersebut menjalani perawatan secara intesif di RSUD Banyumas.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut