get app
inews
Aa
Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Obyek Wisata di Kebumen Kembali Dibuka, Yuk...Intip Tempat Plesirnya

Minggu, 16 Mei 2021 | 09:10 WIB
header img
Pantai Menganti, salah satu pantai yang eksotik di Kebumen (Foto: Elde Joyosemito)

KEBUMEN, iNews.id- Mulai Minggu (16/5/2021) hari ini, wisata Kebumen kembali dibuka setelah ditutup pada saat Lebaran. Tentu saja, pembukaan obyek wisata akan memberikan alternatif kepada warga di Kebumen untuk bertamasya.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Pariwisata Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kebumen Septian Indra mengatakan bahwa mulai Minggu hari ini, pemkab membuka obyek wisata yang sebelumnya ditutup. “Hari ini dibuka untuk umum. Namun, kami tetap mengingatkan agar protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan untuk menghindari Covid-19. Pengunjung wisata wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,”kata Septian saat dihubungi iNews Purwokerto.

Lalu, obyek wisata apa saja yang dapat menjadi alternatif untuk mengisi liburan saat ini? Simak sejumlah obyek wisata di Kebumen yang menarik untuk dikunjungi yang dikutip dari situs resmi Dinporapar Kebumen.

1. Gua Jatijajar

Dua Jatijajar berada sekitar 21 km dari Kota Gombong, Kebumen. Jatijajar berasal dari kata jati dan jajar. Jati berarti nama pohon, Jajar berarti sejajar. Di dalamnya ada diaroma Legeda Raden Kamandaka. Ceritanya mengenai percintaan abadi antara Raden Kamandaka dan Dewi Ratna Ciptarasa. Di dalam gua yang memiliki stalaktit dan stalakmit tersebut, ada emkpat sendang atau telaga kecil yakni Sendang Mawar, Kantil Jombor dan Puserbumi. Di dinding atas Gua Jatijajar terdapat beragam tulisan dari pengunjung yang pernah datang ratusan tahun yang lalu. Ada yang dari Hindia Belanda, Eropa hingga penguasa pertama Kebumen.

2. Pantai Logending

Pantai Logending terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah. Jaraknya sekitar 8 km dari Gua Jatijajar atau sekitar 53 km dari Kebumen ke arah selatan. Pantai ini memiliki keindahan alam menawan. Perpaduan antara pantai dan hutan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Obyek wisata ini sangat cocok untuk mereka, khususnya remaja yang suka berpetualang dan camping.

3. Pantai Karangbolong

Berlokasi di Desa Karangbolong Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Jarak tempuh sekitar 18 km dari Gombong ke arah selatan. Adanya Goa batu karang menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini. Selain menjadi tempat pengunduhan sarang burung walet, tempat ini juga menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berfoto. Pasir pantai yang sangat lembut, memungkinkan anda berjalan bertelanjang kaki di atas permadani alam sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi.

4. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan terletak di Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Dengan jarak tempuh sekitar 17 km dari Kebumen ke arah Barat. Untuk menuju tempat wisata ini, wisatawan juga bisa menggunakan transportasi umum dengan mudah ke lokasi. Pantai berpagar pohon cemara yang berjajar rapi semakin mempercantik pantai ini. Duduk di bawah pohon cemara sambil menikmati indahnya panorama pantai dengan beberapa kapal yang sedang berlayar. 

5. Pantai Menganti

Obyek Wisata Pantai Menganti merupakan salah satu dari beberapa obyek wisata pantai yang berjajar di sepanjang pesisir selatan Kebumen. Lokasi Pantai Menganti berada di balik perbukitan karst selatan Kebumen, tepatnya di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Lokasi tersebut berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Kebumen dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Untuk dapat sampai di Obyek Wisata Pantai Menganti, wisatawan harus merayapi jalanan yang naik-turun dan berkelok-kelok karena medannya yang merupakan kawasan perbukitan. Hanya kendaraan dengan kondisi baik yang disarankan untuk menjangkau obyek wisata ini, ditambah wisatawan harus ekstra hati-hati dalam mengemudi kendaraannya.

6. Gua Petruk

Gua Petruk disebut sebagai salah satu gua terindah. Gua ini terletak di Desa Candirenggo Kecamatan Ayah. Jarak sekitar 4,5 km dari Jatijajar ke arah selatan. Gua Petruk sebenarnya terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama atau lantai satu hanya terdapat kelelawar yang beterbangan. Bagian ke dua diberi nama Gua Semar, bagian ke tiga diberi nama Gua Petruk karena disitu terdapat batu yang berbentuk seperti hidung Petruk. Selain itu, Gua Petruk memiliki berbagai jenis batu-batuan dengan bermacam bentuk seperti, batu payudara, batu pelangi, dan lain sebagainya. Banyaknya stalaktit dan minimnya penerangan akan menambah kesan mistis ketika memasuki gua tersebut. Untuk dapat masuk ke gua ini disediakan alat-alat seperti headlamp, spatuboot, baju tahan air (coverall), helm pelindung kepala. Penelusuran gua dapat dilintasi dengan jarak panjang sejauh 664 m dan jarak pendek 150 m. Tetapi jangan khawatir, disana juga tersedia tour guide yang siap.

7. Pemandian Air Panas Krakal

Obyek wisata yang terletak di Kecamatan Alian dilengkapi dengan bangunan arsitektur bergaya Eropa. Fasilitas pemandian air panas yang langsung bersumber dari sumber mata air panas Krakal. Selain itu, obyek wisata ini  dilengkapi juga dengan fasilitas kolam renang, tempat bilas, spot swafoto, panggung hiburan, hutan kota dan kebun binatang mini. Tempat yang terbilang masih sangat rimbun dan alami. Dari pusat Kota Kebumen, hanya berkisar 11 Km dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut