get app
inews
Aa Read Next : Sikat Lur, KPK Bakal Bongkar Dugaan Percaloan di Kampus Unila 

Setelah Kantor Digeledah, Kini Giliran Rumah Orang Terdekat Bupati Banjarnegara Didatangi KPK

Selasa, 10 Agustus 2021 | 19:40 WIB
header img
Setelah Rumah Dinas, KPK juga menggeledah rumah orang kepercayaan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono berinisial EA. Selasa (10/8/2021). (foto: Antara)

BANJARNEGARA, iNews.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan penggeledahan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kali ini penggeledahan juga menyasar rumah orang kepercayaan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono berinisial EA.

Rumah EA yang digeledah KPK berlokasi di Desa Blambangan RT 03 RW 07, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Selasa (10/8/2021) dilakukan tim KPK setelah menggeledah Rumah Dinas Bupati Banjarnegara, Kompleks Pendopo Dipayudha dan Kantor Bupati, kompleks Sekretariat Daerah Banjarnegara.

Setelah melakukan penggeledahan selama kurang lebih 1,5 jam, tim KPK meninggalkan rumah itu dan menuju sebuah gudang material milik EA yang berjarak sekitar 500 meter dari rumahnya.

Usai melakukan kegiatan di dalam gudang, tim KPK segera meninggalkan tempat itu pada pukul 16.00 WIB. Saat ditemui wartawan, Ketua RT 03 RW 07 Desa Blambangan Waluyo mengaku diminta untuk menyaksikan penggeledahan yang dilakukan oleh KPK di rumah EA.

"Tadi sehabis salat Zuhur di rumah, saya diberitahu mendadak. Saya diminta menyaksikan penggeledahan yang dilakukan KPK," katanya dikutip jateng.inews.id.

Dia mengaku melihat KPK membawa banyak dokumen di antaranya berupa sertifikat tanah. Dalam dokumen yang ditunjukkan KPK, kata dia, ada sekitar 10 sertifikat tanah atas nama EA.

"Banyak dan yang saya baca semuanya itu unsurnya tanah, kalau mobil dan sebagainya, enggak tahu. Sertifikatnya ada A sampai I, I-nya ada dua, ada 10," ujarnya.

Penggeledahan tersebut untuk penyidikan kasus dugaan korupsi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat tahun 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi.

Seperti diberitakan, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan tim penyidik KPK kembali melakukan penggeledahan di Banjarnegara untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait dengan kasus dugaan korupsi di Dinas PUPR setempat.

"Tim penyidik saat ini masih melakukan pengumpulan bukti-bukti terkait perkara ini," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (10/8/2021).

Sebelumnya, KPK pada hari Senin (9/8) menggeledah Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjarnegara dan Kantor PT Bumi Rejo yang sama-sama berlokasi di Jalan D.I. Panjaitan, Banjarnegara. Diketahui bahwa PT Bumi Rejo di kediaman pribadi Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

Dari dua lokasi itu, tim penyidik KPK mengamankan berbagai dokumen dan barang bukti elektronik yang diduga terkait dengan kasus tersebut.

Pada Selasa (10/8/2021), Tim KPK kembali melakukan penggeledahan di dua tempat uakni Kompleks Rumah Dinas Bupati Banjarnegara di Jl Dipayuda serta di Kantor Bupati Banjarnegara Jl Ahmad Yani yang jaraknya 100 meter dari rumah dinas.

Di kedua kompleks, gerbang ditutup dan dijaga ketat oleh aparat kepolisian bersenjata laras panjang. Orang-orang yang tidak berkepentingan dilarang untuk masuk.

Para jurnalis hanya bisa mengambil gambar dari luar pintu gerbang. Selain aparat kepolisian, juga ada penjagaan yang dilakukan oleh Satpol PP. Para penyidik dari KPK memang masih terus melakukan tugas di Banjarnegara. Dengan demikian, sudah dua hari ini, KPK berada di Banjarnegara melakukan penggeledahan.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut