get app
inews
Aa Read Next : Lagi Rapat Anggota Parlemen Ukraina Ledakan 3 Granat Tangan, 26 Politikus Langsung Tumbang

Digempur Rusia, Presiden Ukraina Zelensky Melunak Tak Ngotot Lagi Gabung NATO

Rabu, 09 Maret 2022 | 19:51 WIB
header img
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebut Ukraina tak ngotot lagi jadi anggota NATO (Foto: Ist).

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melunak dan menegaskan jika negaranya tak akan terus meminta untuk diterima sebagai anggota NATO. Salah satu alasan Rusia menyerang Ukraina sejak 24 Februari lalu setelah permintaan negara tersebut menjadi anggota NATO.

Rusia tidak ingin tetangganya itu bergabung dengan NATO, aliansi transatlantik yang dibentuk pada awal Perang Dingin untuk melindungi Eropa dari Uni Soviet.

Menurut presiden yang juga mantan komedian itu, ada banyak kendala yang menjadi penghalang NATO menerima keanggotaan negaranya.

"Saya sudah tenang menanggapi pertanyaan ini sejak lama, setelah kami menyadari bahwa NATO tidak siap untuk menerima Ukraina," kata Zelensky, dalam wawancara dengan ABC News yang disiarkan pada Senin (7/3/2022) malam, seperti dilaporkan kembali AFP.

Dia menjelaskan, NATO cenderung menghindari konfrontasi langsung dengan Rusia. Itu menjadi kendala mengingat Ukraina yang juga bekas pecahan Uni Soviet sedang berada dalam ketegangan terkait Krimea dan Donbass.

Lebih lanjut Zelensky mengatakan, sebagai presiden, dia tak ingin memohon dengan cara berlutut agar Ukraina diterima sebagai anggota NATO.

Dalam beberapa tahun terakhir, NATO mengembangkan sayapnya dengan menjangkau lebih jauh ke timur untuk merangkul negara-negara bekas pecahan Soviet. Ini yang membuat Rusia semakin marah. Rusia menilai berkembangnya NATO sebagai ancaman. Aliansi militer para sekutu Barat seperti sudah berada di depan pintu.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut