get app
inews
Aa Read Next : Guru Honorer Ini Pernah Dapat Rp50 Ribu per Bulan, Diterima PPPK Melejit Jadi Rp3 Juta Lebih

8 Kiat Sukses Lolos CPNS, Persiapkan Mulai Sekarang

Selasa, 18 Mei 2021 | 07:00 WIB
header img
Formasi CPNS dan PPPK 2021 yang dibutuhkan.

PURWOKERTO, iNews.id - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021, akan segera dibuka akhir bulan ini. Sambil menunggu dibukanya pendaftaran, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri agar bisa lolos ujian CPNS.

Untuk yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi dari sekarang juga.

Karena, pada seleksi CPNS ini kamu harus bersaing dengan pelamar dari seluruh penjuru Indonesia. Kamu yang ingin jadi PNS, wajib ikuti tips berikut ini

Berlatih Mengerjakan Soal Ujian CPNS
Pastinya sebelum berperang, kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan. Salah satunya adalah melatih otakmu untuk mengerjakan soal ujian CPNS. Test CPNS terdiri dari soal-soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan seleksi kemampuan Bidang (SKB).

Kamu bisa mencari soal-soal itu dari google ataupun mendownload aplikasi soal-soal dari google playstore.

Mengetahui Kisi-kisi dan Materi Soal
Kamu harus selalu update kisi-kisi serta materi ujian CPNS dari tahun-tahun sebelumnya. Materi CPNS dapat kamu pelajari dari buku-buku bank soal, atau aplikasi test CPNS.

Hal yang terpenting adalah membiasakan dirimu bertemu jenis-jenis soal, agar kamu tidak kagok saat melakukan test CPNS nantinya.

Pantau Informasi Seleksi
Jangan malu untuk bertanya kerabat, rekan, atau teman terkait pendaftaran CPNS. Pokoknya dari kamu yang tidak tahu apa-apa mengenai CPNS, menjadi orang yang benar-benar paham seluk-beluknya.

Kamu bisa join di grup sosial media seperti Facebook, Line, whatsapp atau Telegram, untuk update info seputar CPNS.

Teliti
Dalam mengerjakan soal-soal SKD dan SKB, peserta harus teliti dalam mengerjakannya. Sebab banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang menjebak peserta, jawaban dari satu dan lainnya hampir mirip. Oleh karena itu, teliti dan tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan soal adalah kunci.

Efisiensi Waktu
Terkadang kita terlalu fokus dan asyik dalam mengerjakan satu soal, atau kesulitan dengan beberapa soal. Sebelum itu, kamu harus mengetahui batas waktu yang disediakan dalam mengerjakannya.

Jika kamu merasa soal tersebut agak memakan waktu, loncat ke soal berikutnya yang kamu anggap mudah. Jika ada waktu sisa, kembali  ke soal yang belum terjawab.

Kerjakan dengan Rileks
Kadang kita merasa gugup dan gelisah saat mengerjakan soal, apalagi terlalu over-thinking dalam mengerjakan soal, takut gagal dan sebagainya.

Kerjakan soal dengan rileks, jangan gugup agar kamu tidak hilang fokus saat mengerjakan soal. Sering-seringlah mengerjakan kisi-kisi soal CPNS agar kamu lebih percaya diri.

Mengetahui Lokasi Ujian CPNS
Datang lebih awal ke lokasi tes CPNS, dapat menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terjebak kemacetan, tersesat menuju lokasi, ataupun kendala saat kendaraan pribadi mengalami masalah lainnya.

Datang lebih awal juga membuatmu menjadi lebih rileks dan tenang, dan lebih siap saat mengerjakan soal-soal CPNS.

Restu dan Doa Orangtua
Terakhir, berserah diri kepada yang maha kuasa, serta minta doa dan restu orangtua. Dengan berdoa, kita meminta pertolongan dan petunjuk kepada Tuhan, sehingga mengerjakan soal lebih tenang, serta semangat. Itulah beberapa tips agar lolos CPNS, semoga berhasil.

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut