get app
inews
Aa Read Next : Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Kaya Akan Nutrisi dan Bikin Kenyang, Ini Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur!

Selasa, 05 April 2022 | 21:22 WIB
header img
Makanan yang bikin kenyang lebih lama (Foto: Timesofindia)

SAAT sahur Anda pasti membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat beraktivitas saat berpuasa Ramadan 2022. Ada beberapa makanan yang bikin kenyang tahan lama yang cocok dikonsumsi saat sahur.

Berikut makanan yang bikin kenyang lebih lama, dikutip dari Healthline (5/4/2022

Sup

Kandungan berbagai sayur di dalamnya mampu membuat kenyang tahan lama. Sebuah penelitian terbaru dari Pennsylvania State University mengungkapkan, perempuan yang mengonsumsi satu porsi sup untuk sarapan, makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang dibanding wanita yang makan nasi saat sarapan.

Kandungan air yang tinggi dalam sup, serta sayuran yang ada di dalamnya akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Namun sup yang dikonsumsi merupakan jenis cair dan bukan yang krim.

Oatmeal

Makanan jenis ini biasa dipakai untuk sarapan dan menjadikan tubuh tetap berenergi. Oatmeal merupakan sumber terbaik dari serat dan fitokimia yang mempromosikan tubuh dan jantung yang sehat.

Agar lebih nikmat oatmeal dapat diracik dengan gula merah atau bahan baku gula lainnya, tuangkan susu, taburkan kayu manis, tambahkan buah-buahan, campur dengan kacang-kacangan, tambahkan selai kacang.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan.

Kentang

Kentang banyak mengandung karbohidrat. Di Eropa, kentang menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi selain roti untuk mengganti karbohidrat. Kentang bisa bikin kenyang tiga kali lipat lebih lama dibanding roti

Telur


Makanan yang bikin kenyang lebih lama (Foto: Timesofindia)

Hasil studi yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles menyebutkan, orang mengonsumsi telur saat sarapan bisa menahan lapar lebih lama. Telur merupakan kombinasi sempurna antara protein dan lemak sehingga lebih mengenyangkan dibanding menu lainnya.

Buncis

Buncis merupakan sayur yang dapat dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan serat tidak larut, buncis tidak hanya membuat tetap kenyang, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Vitamin, mineral dan protein terkandung dalam setiap porsi buncis.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut