Logo Network
Network

Penuh Perjuangan, Anak Penjual Kerupuk Ini Berhasil Jadi Tentara

Kastolani
.
Selasa, 20 April 2021 | 21:19 WIB
Penuh Perjuangan, Anak Penjual Kerupuk Ini Berhasil Jadi Tentara
Baharuddin (21), anak penjual kerupuk asongan di lampu merah di Kota Kendari, Sultra, yang berhasil lulus seleksi Calon Tamtama Prajurit Karir (Cata PK) TNI AD Gelombang I TA 2021. (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNews.id - Kisah perjuangan Baharuddin (21), hingga lulus seleksi Calon Tamtama Prajurit Karir (Cata PK) TNI AD Gelombang I TA 2021 patut menjadi inspirasi bagi generasi muda. Anak penjual kerupuk di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), ini membuktikan dia bisa mewujudkan cita-citanya berkat usaha tanpa kenal lelah untuk mengangkat martabat dan derajat keluarga. 

Cerita perjuangan Baharuddin ini disampaikan Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail. Dia menjelaskan, Baharudin menjadi salah satu dari 142 orang pemuda Sultra yang diberangkatkan ke Makassar untuk mengikuti seleksi tingkat pusat Cata PK TNI AD Gelombang I TA 2021.

"Baharudin dan 88 orang lainnya dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan Sekolah Calon Tamtama (Secata PK) di Rindam XIV/Hsn setelah mengikuti rangkaian seleksi hampir 12 hari," kata Rusmin di Kendari, Selasa (20/4/2021).

Rusmin mengatakan, perjuangan lulusan SMA Kartika XX-2 Kendari menjadi prajurit tidak mudah. Sebelum tahun ini, Baharuddin sudah pernah mencoba ikut seleksi tahun 2020 lalu.

"Pada tahun 2020, yang bersangkutan berhasil mencapai tingkat pusat di Makassar. Namun karena belum maksimal, dia harus pulang," kata Rusmin.

Belajar dari kegagalannya tersebut, akhirnya putra pasangan La Halia (49) dan Wa Ode Bia (47) ini berhasil mempersiapkan diri lebih baik. Tahun ini, dia berhasil lolos untuk mengikuti pendidikan di Rindam XIV/Hsn.

"Ini tidak saja menggambarkan perjuangan tanpa lelah. Keberhasilannya ini membuka harapan Baharudin untuk mengangkat martabat dan derajat keluarganya," kata Rusmin.

Baharuddin diketahui berasal dari keluarga sangat sederhana. Orang tuanya menghidupi kebutuhan keluarga sekaligus menyekolahkan Baharudin dari kesehariannya sebagai pedagang asongan kerupuk di lampu merah Pasar Panjang, Kecamatan Wua-Wua, Kota Kendari, Sultra.

"Selama tujuh tahun, ibu dan bapaknya mangkal dan berjualan kerupuk di sana dari pagi sampai sore. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup dari hasil jualannya itu, juga untuk membiayai Baharudin sekolah sampai tingkat SMA di SMA Kartika XX-2, yaitu sekolah yayasan milik TNI AD," tutur Rusmin.

Keberhasilan Baharuddin tentu saja sangat membanggakan bagi keluarganya. Keluarga besar TNI AD pun ikut bangga karena Baharuddin lulusan dari SMA yang berada di dalam Yayasan TNI AD.

Sementara ayah Baharuddin, La Halia, juga bangga saat mengetahui sang putra lulus seleksi Calon Tamtama Prajurit Karir (Cata PK) TNI AD Gelombang I TA 2021. Saat ditemui di rumahnya, La Halia tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya.

"Alhamdullilah, bahagia dan bangga rasanya. Anak saya jadi Tentara, terima kasih Pak, semoga dia sehat selalu dan bisa menyelesaikan pendidikannya," kata La Halia kepada Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail di rumahnya Jalan Palapa, Kemaraya, Kota Kendari, Sultra, Selasa (20/4/2021)

Sementara itu, Baharudin saat dikonfirmasi via telepon seluler mengungkapkan kepuasan dan kebahagiaannya bisa lolos mengikuti pendidikan TNI AD.

"Puas sekali rasanya. Perjuangan saya tidak sia-sia. Keberhasilan ini untuk kedua orang tua saya," katanya penuh semangat.

Baharuddin telah membuktian, siapa saja bisa menjadi prajurit TNI AD. Namun, dibutuhkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita itu.

"Saya buktikan bahwa siapa saja bisa menjadi prajurit TNI AD. Memang tidak mudah dan penuh perjuangan, tapi nyatanya anak pedagang asongan bisa," kata Baharudin.

Diketahui, tahun ini SMA Kartika XX-2 Kendari berhasil meloloskan dua orang lulusannya untuk mengikuti pendidikan calon prajurit Cata PK TNI AD Gelombang I TA 2021 di Rindam XIV/Hsn.

Editor : Maria Malau

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.