get app
inews
Aa Read Next : Fakta Menarik Purbalingga, Tempat Lahir Jenderal Soedirman hingga Industri Knalpot dan Bulu Mata

Kisah Jenderal Soedirman yang Selalu Menjaga Puasa, Sholat dan Wudhu Meski saat Bergerilya

Kamis, 14 April 2022 | 04:24 WIB
header img
Panglima Besar Jenderal Soedirman. (Foto: Arsip Nasional)

JAKARTA, iNews.id - Selain dikenal karena semangatnya yang pantang menyerah, Panglima Besar Jenderal Soedirman juga dikenal sebagai sosok yang rajin beribadah. Semangatnya dalam membela negara dan beribadah tidak diragukan lagi.

Bahkan, Jenderal Soedirman merupakan pahlawan nasional terus dijadikan panutan masyarakat.nJenderal Sodirman merupakan sosok pemimpin TNI pertama kali yang kuat agamanya.

Jenderal Soedirman juga dikenal sebagai sosok yang rajin berpuasa. Di samping itu, ia juga tak pernah meninggalkan shalat  walaupun di tengah kondisi apa pun dan selalu menjaga wudhunya.

Sosok yang mengawali karier sebagai dai muda yang giat berdakwah pada di Cilacap dan Banyumas ini kerap memerintahkan ajudannya untuk membawa kendi yang berisi air semasa bergerilya. Rupanya air itu untuk dipakai sebagai air wudu.

Jenderal Soedirman pernah memimpin pertempuran dengan Jepang dan berhasil merebut senjata Jepang di Banyumas. Ia sering menasihati anak buahnya jika gugur dalam perang, maka gugur sebagai syuhada. Pada 18 Desember 1945 ia diberikan pangkat Jenderal lewat pelantikan Presiden.

Pria bernama asli Raden Soedirman lahir pada 24 Januari 1916 di Purbalingga, Jawa Tengah. Ia merupakan anak dari pasangan Karsid Kartawijaya, yang merupakan seorang pekerja di pabrik gula di Kalibagor, dengan Siyem yang merupakan keturunan Wedana Rembang.

Sosok yang dikenal sangat berwibawa dan hidupnya yang sederhana pun membuat Jenderal Soedirman semakin dikagumi. Keistimewaan Jenderal Soedirman lainnya, ialah perannya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ia memilih masuk ke hutan untuk bergerilya melawan pasukan Belanda, meskipun kondisinya saat itu sedang tidak sehat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut